Siapkan Rp3 Triliun, Bank BRI (IDX: BBRI) Akan Lakukan Buyback Saham

Siapkan Rp3 Triliun, Bank BRI (IDX BBRI) Akan Lakukan Buyback Saham investasimu.com

Foto: Bank Rakyat Indonesia (Persero) 

Investasimu.com. Emiten perbankan nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (IDX: BBRI) mengumumkan rencana Perseroan untuk menggelar aksi pembelian kembali (buyback) saham. Dalam informasi yang dirilis oleh Perseroan pada Senin (24/1), Jumlah nilai nominal seluruh buyback diperkirakan sebesar-sebesarnya Rp3 triliun yang bersumber dari kas internal Perseroan. 

Pembelian kembali saham akan dilakukan melalui Bursa, baik secara bertahap maupun sekaligus, dan diselesaikan paling lambat 18 bulan sejak tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun 2022 (RUPST). Buyback akan dilaksanakan setelah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan memperhatikan kondisi likuiditas serta permodalan Perseroan dan peraturan yang berlaku. 

Perseroan juga tidak memberikan batasan harga pembelian kembali saham. Buyback akan dilakukan dengan harga yang dianggap baik dan wajar oleh Perseroan dengan memperhatikan peraturan yang berlaku. Adapun saham hasil buyback dimaksud akan digunakan untuk program kepemilikan saham Pekerja dan/atau Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang dirancang akan dilaksanakan secara bertahap dimulai pada tahun 2022. 

Perseroan memperkirakan biaya pembelian kembali berdampak minimal terhadap biaya operasional Perseroan. Selain itu, program buyback juga diyakini tidak akan berdampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha Perseroan. Dalam hal ini, modal kerja, cash flow, dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Perseroan cukup untuk pembiayaan buyback bersamaan dengan kegiatan usaha Perseroan.

RUPST Perseroan sendiri direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 1 Maret 2022. Dengan demikian, diperkirakan periode pembelian kembali saham Perseroan akan berlangsung dari tanggal 1 Maret 2022 hingga 31 Agustus 2023.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama