Terjun ke Bank Digital, Bank BNI (IDX: BBNI) Akan Akuisisi 63,92% Saham Bank Mayora

Terjun ke Bank Digital, Bank BNI (IDX BBNI) Akan Akuisisi 63,92% Saham Bank Mayora investasimu.com

Foto: Bank Negara Indonesia (Persero) 

Investasimu.com. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (IDX:BBNI) mengumumkan rencana Perseroan untuk melakukan pengambilalihan 63,92% saham Bank Mayora. Perseroan menyebutkan bahwa melalui akuisisi ini Bank Mayora akan ditransformasi menjadi bank digital dalam rangka mendukung transaksi digital masyarakat dan juga sejalan dengan transformasi Perseroan.

Dalam Ringkasan Rancangan Pengambilalihan yang dipublikasikan pada Sabtu (22/1), Perseroan akan mengambil bagian sepenuhnya atas penerbitan sebanyak-banyaknya 1.029.151.550 lembar saham baru oleh Bank Mayora dan juga mengambil alih sebanyak 169.078.288 lembar saham yang dimiliki International Finance Corporation (IFC). Sebagai informasi, saat ini kepemilikan Bank Mayora terdiri dari PT Mayora Inti Utama (MIU) sebesar 80% dan IFC sebesar 20%. 

Dus, melalui akuisisi ini, pada akhirnya Bank BNI menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora dengan kepemilikan sebesar 63,92% sementara kepemilikan MIU menyusut menjadi 36,08%. Perseroan juga menyebutkan bahwa rencana pengambilalihan Bank Mayora akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan (retained earnings) atau kekayaan Perseroan.

Adapun Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BNI untuk persetujuan pengambilalihan dan RUPS Bank Mayora secara sirkuler untuk Persetujuan Pengambilalihan direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 15 Maret 2022. Sementara itu, diperkirakan pengambilalihan akan efektif atau tuntas pada bulan Mei 2022.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama