Profil PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IDX: IKAI)


Foto: Intikeramik Alamasri Industri 

Investasimu.com. PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IDX: IKAI) didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 38 tanggal 26 Juni 1991 yang kemudian diubah dengan Akta Notaris No. 16 tanggal 14 Desember 1991, dari Notaris Raden Muhammad Hendarmawan, S.H., Notaris di Jakarta. Sesuai dengan perubahan Pasal 3 dari Anggaran Dasar, Perseroan bergerak dalam produksi keramik dan granit, memperdagangkan hasil-hasil produksinya, perhotelan dan menyewakan unit bangunan. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 1 Mei 1993.

Perseroan memulai bisnis pada 1991 dengan mendirikan pabrik manufaktur keramik di Kawasan Industri Palem Manis, Tangerang, Provinsi Banten. Pabrik ini dikelola oleh PT Internusa Keramik Alamasri (INKA), yang kelak kemudian menjadi salah satu entitas anak yang diandalkan. INKA beroperasi secara komersial mulai bulan Mei 1993 dengan produk unggulannya adalah Homogenous Tile (ubin porselen) pertama di Indonesia, yang dipasarkan ke pasar lokal maupun internasional dengan merek dagang Essenza.

Seiring dengan perkembangan usaha, Perseroan mengambil langkah besar untuk melakukan diversifikasi usaha, yaitu membuka bisnis baru di luar industri ubin keramik. Pada November 2018, Perseroan mengawali langkah diversifikasi usaha dengan mengakuisisi dua perusahaan di bidang perhotelan. Keduanya adalah PT Hotel Properti Internasional (HPI) di Kota Bogor dan PT Saka Mitra Sejati (SMS) di Kota Medan, Sumatera Utara, 

Entitas anak PT Hotel Properti Internasional lantas bekerja sama dengan PT Swiss-Belhotel Internasional Indonesia untuk mengembangkan properti dengan nama Swiss-Belhotel Bogor. Sementara, PT Saka Mitra Sejati dipercaya mengelola dua properti, yaitu Hotel Saka Medan dan Hotel Swiss-Belinn Gajah Mada Medan. Selain itu, Perseroan juga memiliki tiga anak usaha lain yakni PT Realindo Sapta Optima (RSO) yang berlokasi di Ubud (Bali), PT Mahkota Artha Mas (MAM) yang juga berlokasi di Ubud (Bali), dan PT Mahkota Properti Indo Medan (MPIM) yang berlokasi di Medan.

RSO saat ini sudah mengantongi perjanjian kerja sama dengan operator Hotel JW Marriott International, dan tengah melakukan pembangunan hotel berstandar bintang lima yang kelak diberi nama JW Marriott Ubud. Kemudian, MAM juga sedang membangun hotel berstandar internasional, Ubud Park, dengan jumlah kamar 90 unit dan villa sebanyak 10 unit. Sedangkan MPIM di Medan mengelola lahan seluas 599 m² di Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumatera Utara. Ke depannya, properti tersebut diproyeksikan untuk kepentingan pembangunan boutique hotel.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Intikeramik Alamasri Industri Tbk
KodeIKAI
Alamat KantorMenara Bidakara 2 lantai 1, Jl. Gatot Subroto Kav. 71-73, Jakarta Selatan 12870, Indonesia
Alamat Emailcorpsecretary_legal@intikeramik.com
Situswww.intikeramik.com
Telepon(021) 83700435
Faks(021) 83700436
NPWP01.359.538.4-054.000
Tanggal IPO4 Jun 1997
Bidang Usaha UtamaManufaktur Keramik dan Perhotelan
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorJasa Konsumen
IndustriPariwisata & Rekreasi
Sub IndustriHotel, Resor & Kapal Pesiar


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama