Profil PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (IDX: WIKA)

Profil PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (IDX WIKA) investasimu.com


Foto: Wijaya Karya (Persero) 

Investasimu.com. Sejarah pendirian PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (IDX: WIKA) dimulai dari pendirian Perusahaan Negara/PN “Wijaya Karya” berdasarkan Undang-Undang No. 19 tahun 1960 juncto Peraturan Pemerintah No. 64 tahun 1961 tanggal 29 Maret 1961. Bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 64 tahun 1961 ini, PN Wijaya Karya lahir dari hasil peleburan perusahaan bangunan bekas milik Belanda yang bernama Naamloze Vennootschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedrijf Visen Co. yang telah dikenakan nasionalisasi berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 1960 dan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) No. 5 tanggal 11 Maret 1960. 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 40 tanggal 22 Juli 1971, PN Wijaya Karja dinyatakan bubar dan dialihkan bentuknya menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Selanjutnya, Perseroan ini dinamakan “PT Wijaya Karya”, berdasarkan Akta Perseroan Terbatas No. 110 tanggal 20 Desember 1972 yang dibuat di hadapan Dian Paramita Tamzil, pada waktu itu pengganti dari Djojo Muljadi, S.H., Notaris di Jakarta dan Perubahan Naskah Pendirian Perseroan Terbatas “PT Wijaya Karya” berdasarkan akta No. 106, tanggal 17 April 1973 yang dibuat di hadapan Kartini Muljadi, S.H., Notaris di Jakarta.

Sesuai Anggaran Dasar, maksud dan tujuan Perseroan adalah melakukan usaha di bidang industri konstruksi, industri pabrikasi, jasa penyewaan, jasa keagenan, investasi, agro industri, industri energi, energi terbarukan dan energi konversi, penyelenggara perkeretaapian, penyelenggaraan pelabuhan, penyelenggaraan kebandarudaraan, logistik, perdagangan, engineering procurement construction, pengembangan dan pengelolaan kawasan, layanan peningkatan kemampuan di bidang jasa konstruksi, teknologi informasi, jasa enjinering dan perencanaan, investasi dan/atau pengelolaan usaha di bidang prasarana dan sarana dasar (infrastruktur), untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapat/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip Perseroan Terbatas. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1961.

Pada awal pendiriannya, kegiatan usaha yang dijalankan WIKA adalah pekerjaan instalasi listrik dan pipa air, sebelum menjadi perusahaan kontraktor sipil dan bangunan di tahun 70-an. WIKA juga turut berperan serta dalam proyek pembangunan Gelanggang Olahraga Bung Karno dalam rangka penyelenggaraan Games of the New Emerging Forces (GANEFO) dan Asian Games ke-4 di Jakarta.

Tahun 1982, WIKA mendiversifikasi usahanya secara signifikan melalui pembentukan beberapa divisi baru, yakni Divisi Sipil Umum, Divisi Bangunan Gedung, Divisi Sarana Papan, Divisi Produk Beton dan Metal, Divisi Konstruksi Industri, Divisi Energi, dan Divisi Perdagangan. Dengan semakin banyaknya proyek yang ditanganinya, maka semakin banyak anak perusahaan yang didirikan sehingga WIKA tumbuh menjadi perusahaan infrastruktur yang terintegrasi dan saling bersinergi. Dalam bidang konstruksi, sejak 1997, WIKA mulai mengembangkan diri dengan mendirikan beberapa anak perusahaan mandiri yang mengkhususkan diri dalam menciptakan produknya masing-masing, yakni WIKA Beton, WIKA Intrade, dan WIKA Realty.

Saat ini, WIKA merupakan perusahaan konstruksi terintegrasi yang memiliki 7 (tujuh) lini bisnis utama. Segmen pasar yang dibidik WIKA adalah proyek-proyek konstruksi dan turunannya, baik yang dikembangkan oleh Pemerintah maupun oleh pihak swasta. Produk dan jasa yang ditawarkan WIKA adalah sebagai berikut:

1. Infrastruktur dan Gedung

Lini bisnis ini terdiri dari bidang usaha jasa konstruksi sipil dan konstruksi gedung. Segmen pasar yang dibidik WIKA di lini bisnis ini adalah proyek konstruksi sipil dan gedung berskala nasional dan berteknologi tinggi.

2. Energi dan Industrial Plant

Lini bisnis ini terdiri dari bidang usaha Energi dan Industrial Plant. Bidang usaha energi ini meliputi jasa EPC (Engineering, Procurement dan Construction) di bidang ketenagalistrikan. Berbagai jenis pembangkit listrik telah mampu dihasilkan oleh WIKA antara lain PLTU, PLTG/MU, PLTA, PLTD/MG dan lain sebagainya.

3. Industri

Lini bisnis industri merupakan pilar pendukung dari kompetensi inti WIKA. Dalam lini bisnis industri ini terdapat berbagai variasi dari produk-produk pendukung aktivitas konstruksi yang dihasilkan, seperti Beton, Baja, dan Bitumen.

4. Realti dan Properti

Melalui lini bisnis Realti dan Properti, WIKA berkomitmen untuk menghadirkan properti yang berkualitas dan ideal untuk berbagai segmen pasar. Lini bisnis ini menjadi andalan dalam menyambut peluang besar, seperti pengembangan kota baru dan program Pemerintah dalam mendorong pemenuhan kebutuhan hunian untuk masyarakat. WIKA melalui anak usahanya yaitu WIKA Realty telah sukses mengembangkan produk unggulan “Tamansari”. 

5. Investasi

Sebagai salah satu strategi guna memiliki bisnis yang lebih stabil kedepannya, WIKA kini semakin aktif dalam melakukan kegiatan investasi. Melalui berbagai investasi yang dijalankan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan porsi recurring income WIKA. Investasi yang dilakukan Perseroan mencakup berbagai sektor seperti Infrastruktur, energi, transportasi serta pengembangan kawasan. 

6. Construction Engineering

Lini bisnis ini merupakan salah satu motor EPC serta Operation & Maintenance Perseroan. Lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA pada lini ini terbilang kompleks, antara lain, EPC pembangkit listrik dan industri, termasuk operasi dan pemeliharaannya. Pada EPC pembangkit listrik, lingkup pekerjaan yang dilakukan meliputi pekerjaan erection, installation, mechanical, piping, dan electrical.

7. Integrated Transportation System

Integrated Transportion System (ITS) merupakan lini bisnis terbaru yang dikembangkan oleh WIKA guna mengoptimalkan opportunity market dua kota megapolitan Jakarta dan Bandung melalui implementasi moda transportasi kereta cepat masa depan dan pengembangan sentra ekonomi koridor Jakarta–Bandung.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Wijaya Karya (Persero) Tbk
KodeWIKA
Alamat KantorJl. D.I. Panjaitan Kav. 9-10 Jakarta 13340, Indonesia
Alamat Emailadwijaya@wika.co.id
Situswww.wika.co.id
Telepon80679200
Faks22893830
NPWP01.001.615.2-093.000
Tanggal IPO29 Okt 2007
Bidang Usaha UtamaJasa Konstruksi
SektorInfrastruktur
Sub SektorKonstruksi Bangunan
IndustriKonstruksi Bangunan
Sub IndustriKonstruksi Bangunan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama