Profil PT Waskita Karya (Persero) Tbk (IDX: WSKT)

Profil PT Waskita Karya (Persero) Tbk (IDX WSKT) investasimu.com


Foto: Waskita Karya (Persero) 

Investasimu.com. Sejarah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (IDX: WSKT) tak lepas dari langkah Pemerintah Indonesia melakukan nasionalisasi perusahaan-perusahaan asing yang bergerak di bidang usaha strategis, termasuk perusahaan konstruksi milik Belanda bernama “Volker Aannemings Maatschappij N.V.”. Nasionalisasi atau pengambilalihan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Pemerintah No. 62/1961 yang mengubah nama Perseroan menjadi Perusahaan Negara Waskita Karya. Kemudian pada tanggal 15 Maret 1973, nama Perseroan berubah menjadi PT Waskita Karya (Persero) melalui Akta Pendirian No. 80 yang dibuat di hadapan Kartini Muljadi SH,. Notaris di Jakarta.

Berdasarkan pasal 3 Anggaran Dasar PerseroanPerseroan didirikan dengan maksud dan tujuan untuk berusaha di bidang industri konstruksi, industri pabrikasi, jasa penyewaan, jasa keagenan, investasi, agro industri, pekerjaan terintegrasi (Engineering, Procurement, and Construction/EPC), perdagangan, pengelolaan kawasan, layanan jasa peningkatan kemampuan di bidang konstruksi, teknologi informasi, serta kepariwisataan serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, untuk mendapat/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas. Perseroan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tanggal 1 Januari 1961.

Perseroan memiliki segmen bisnis yang terbagi ke dalam kategori berikut.

JALAN TOL

Perseroan memiliki investasi jalan tol yang terbagi dalam 6 (enam) wilayah di Indonesia yang meliputi Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. 

REALTI

Kegiatan usaha lini bisnis realti antara lain pengembangan realti dan properti, serta fokus pada bangunan gedung seperti hotel, apartemen, SOHO, kantor, mixed Use dan juga rumah tapak. Lini bisnis realti dikelola oleh entitas anak, yaitu PT Waskita Karya Realty (WKR). WKR memiliki 2 (dua) merek utama, yaitu Vasaka (residensial/superblock) dan Teras Kita (hotel dan perkantoran).

INFRASTRUKTUR NON-JALAN TOL

Lini bisnis infrastruktur non-jalan tol memiliki kegiatan pengembangan proyek infrastruktur antara lain, pembangkit listrik, fasilitas pengelolaan air, pipanisasi dan lain-lain. Hingga akhir 2020, proyek yang sudah beroperasi, yaitu Pembangkit Listrik Mini Hidro 2x5 MW yang berlokasi di Sangir, Sumatera Barat. Pembangkit listrik ini beroperasi sejak tahun 2017. Lini bisnis infrastruktur non-jalan tol dikelola oleh entitas anak, yaitu PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI).

KONSTRUKSI

Lini bisnis konstruksi Perseroan terdiri dari 5 (lima) Business Unit, yaitu: 

1. Building Division

Spesialisasi pekerjaan Proyek Gedung, Bandara, Pengembangan Kawasan dan lain-lain termasuk proyekproyek investasi di seluruh Indonesia.

2. Infrastructure I

Spesialisasi pekerjaan proyek-proyek Infrastruktur sipil non jalan dan jembatan seperti bendungan, bangunan air, Pelabuhan dan lain-lain termasuk proyek-proyek investasi di seluruh Indonesia.

3. Infrastructure II

Spesialisai pekerjaan proyek-proyek Infrastruktur sipil jalan dan jembatan seperti Jalan, Jembatan, LRT, Jalur Kereta Api dan lain-lain termasuk proyek-proyek investasi di seluruh Indonesia.

4. EPC

Spesialisasi pekerjaan proyek-proyek EPC seperti Power Plant, Industrial Plant, Smelter, Transmisi-Distribusi Air, Listrik, Oil & Gas dan lain-lain termasuk proyek-proyek investasi di seluruh Indonesia

5. Overseas

Spesialisasi pekerjaan proyek-proyek di Luar Negeri baik Gedung, Infrastruktur dan EPC termasuk proyek-proyek investasi di lokasi yang meliputi: Middle East Asia, South East Asia, South Asia, dan Africa

BETON PRECAST

Lini bisnis beton pra cetak atau precast memproduksi beton pra cetak berkualitas tinggi, seperti girder, spun pile, box culvert, sheet pile dan lain-lain. Seluruh proyek beton pra-cetak dikelola oleh PT Waskita Beton Precast Tbk (IDX: WSBP). 

PABRIKASI BAJA

Kegiatan lini bisnis pabrikasi baja antara lain memproduksi baja menara dan transmisi guardrail jalan tol dengan kapasitas 4000 ton per bulan. Wilayah usaha lini bisnis ini berada di Cikande, Banten. Produk pabrikasi baja Perseroan telah mendukung pasar domestik untuk proyek transmisi di Sumatera dan pembangunan jalan tol. Lini bisnis pabrikasi baja dikelola oleh entitas anak, yaitu PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI).              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Waskita Karya (Persero) Tbk
KodeWSKT
Alamat KantorJln. MT Haryono Kav. 10 Cawang, Jakarta, Indonesia
Alamat Emailwaskita@waskita.co.id
Situswww.waskita.co.id
Telepon021 8508510
Faks021 8508506
NPWP01.001.614.5-093.000
Tanggal IPO19 Des 2012
Bidang Usaha UtamaJasa Konstruksi, Industri, Realty dan Perdagangan
SektorInfrastruktur
Sub SektorKonstruksi Bangunan
IndustriKonstruksi Bangunan
Sub IndustriKonstruksi Bangunan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama