Profil PT Putra Mandiri Jembar Tbk (IDX: PMJS)

Profil PT Putra Mandiri Jembar Tbk (IDX PMJS) investasimu.com


Foto: Putra Mandiri Jembar

Investasimu.com. Sejarah PT Putra Mandiri Jembar Tbk (IDX: PMJS) dimulai dari usaha perdagangan otomotif yang didirikan oleh almarhum Bapak Poniman pada tahun 1960an dimana usaha tersebut kemudian berkembang menjadi sejumlah perusahaan yang merupakan diler resmi merek Mitsubishi dan Mercedes-Benz. Perseroan kemudian didirikan berdasarkan Akta No. 52 tanggal 18 Juli 2003 dari notaris Arikanti Natakusumah, S.H. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan terutama bergerak dalam bidang aktivitas konsultasi manajemen lainnya, perusahaan holding, dan developer real-estat. Saat ini, Perseroan bertindak sebagai holding company.

Produk kendaraan merek Mitsubishi yang dijual oleh DIPO, perusahaan anak dapat diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu Kendaraan Niaga, Kendaraan Niaga Ringan, dan Mobil Penumpang. DIPO menjual suku cadang asli dan aksesoris untuk kendaraan Mitsubishi sebagai bagian dari layanan purna jual, baik melalui jaringan dilernya (penjualan langsung) maupun melalui toko suku cadang milik pihak ketiga (penjualan tidak langsung). Penjualan tidak langsung bertujuan memudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan terhadap kebutuhan suku cadang. Selain itu, Diler DIPO dilengkapi bengkel resmi Mitsubishi yang melayani perbaikan kendaraan merek Mitsubishi. Bengkel resmi ini memiliki standar dari Mitsubishi perihal layanan dan fasilitas yang disediakan, seperti service manager dan teknisi andal dan terlatih, peralatan lengkap dan canggih, garansi hasil pekerjaan, jaminan suku cadang asli Mitsubishi, klaim garansi Mitsubishi, serta fasilitas yang nyaman.

Perusahaan Anak, yaitu PT Dipo Pahala Otomotif (DPO), memperoleh lisensi kedileran Nissan dan membuka diler pertamanya di Serang Barat, Serdang, Banten pada bulan Januari 2019. Pada bulan September 2019, DPO membuka diler keduanya di Kabupaten Serang, Kecamatan, Taktakan, Dragon Banten.

Diler Mercedes Benz yang dimiliki Perusahaan Anak, yaitu PT Dipo Angkasa Motor (“DAM”), berdiri sejak tahun 1993. Pada tahun 2017, DAM telah memperoleh serifikat Body & Paint Centre dari PT Mercedes-Benz Indonesia dan dipercayai untuk mengerjakan body repair dan pengecatan pada kendaraan yang terkena musibah atau kecelakaan, juga telah sukses melewati proses recertification pada tahun 2019.

Pada tahun 2012, Perusahaan melebarkan bisnisnya ke bidang usaha jasa penyewaan kendaraan bermotor kepada perusahaan dengan mendirikan Perusahaan Anak, PT Global Pahala Rental ("GPR"). Bisnis GPR didukung oleh jaringan diler dan bengkel resmi yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera. GPR telah melayani berbagai perusahaan dengan berbagai macam latar belakang industri di Indonesia.

Untuk memanfaatkan era digital konsumen dan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan Perseroan, pada tahun 2019 Perseroan melalui Perusahaan Anak, PT Mobilku Dotcom Sejahtera (“MDS”) memulai usaha penjualan mobil bekas dari berbagai merek melalui platform pasar otomotif yaitu Mobilku.com. Pada platform Mobilku.com tersebut, para penggemar, pembeli dan penjual mobil dapat berkumpul untuk melakukan penjualan dan pembelian kendaraan, serta memperoleh berita-berita terkini mengenai otomotif. Penjual dapat memasang iklan mengenai kendaraan yang akan dijual.

Untuk menunjang kegiatan usaha Perseroan, pada tahun 2020 didirikan perusahaan patungan PT Suku Cadang Oto Sejahtera (SCO) bersama dengan Mitsubishi Corporation yang bergerak dibidang penyediaan platform e-commerce untuk perdagangan suku cadang kendaraan bermotor. SCO sebagai perusahaan asosiasi mengoperasikan platform e-commerce: tokoparts.com

Kegiatan Usaha Perdagangan Mobil Bekas merupakan diversifikasi usaha Perseroan yang juga bertujuan mendukung kegiatan usaha perusahaan anak lainnya yang bergerak di bidang penyewaan mobil. Kegiatan usaha ini dilakukan melalui PT Mokas Otomotif Sejahtera yang didirikan oleh perusahaan anak PT Global Pahala Rental dan PT Mobilku Dotcom Sejahtera.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Putra Mandiri Jembar Tbk
KodePMJS
Alamat KantorDIPO Tower, Lantai 18 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.51-52 Jakarta 10260, Indonesia, Indonesia
Alamat Emailcorpsec@ptpmj.co.id
Situswww.ptpmj.co.id
Telepon(021) 30060000
Faks(021) 30060088
NPWP02.121.210.5-072.000
Tanggal IPO18 Des 2019
Bidang Usaha UtamaKegiatan Perseroan dan Entitas Anak meliputi kegiatan usaha otomotif, penyewaan kendaraan, dan platform pasar otomotif
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorPerdagangan Ritel
IndustriRitel Khusus
Sub IndustriRitel Otomotif


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama