Profil PT Astra Otoparts Tbk (IDX: AUTO)

Profil PT Astra Otoparts Tbk (IDX AUTO) investasimu.com


Foto: Astra Otoparts

Investasimu.com. Sejarah PT Astra Otoparts Tbk (IDX: AUTO) dimulai pada tahun 1976 dari peleburan beberapa perusahaan. Diawali dengan pendirian PT Alfa Delta Motor oleh William Soeryadjaja dan PT Djaya Pirusa yang bergerak di perdagangan otomotif, perakitan mesin, dan konstruksi. PT Alfa Delta Motor mengalami perubahan nama menjadi PT Pacific Western pada tanggal 14 Juni 1977. Pada tanggal 24 Februari 1981, PT Pacific Western mengalami perubahan nama menjadi PT Menara Alam Teknik. 

Perseroan kemudian didirikan dengan Akta Notaris No. 50 tanggal 20 September 1991 dari Rukmasanti Hardjasatya, S.H., notaris di Jakarta, dengan nama PT Federal Adiwiraserasi.  Pada tanggal 18 Maret 1993, PT Menara Alam Teknik mengalami perubahan nama menjadi PT Menara Alam Pradipta. Pada tanggal 2 Juli 1996, PT Menara Alam Pradipta mengalami perubahan nama menjadi PT Astra Pradipta Internusa. Selain itu, terjadi merger antara beberapa perusahaan produsen komponen di lingkungan Grup Astra, di antaranya PT Astra Pradipta Internusa dan PT Federal Adiwira Serasi (PT Federal Adiwira Serasi sebagai surviving company). PT Federal Adiwira Serasi kemudian berubah nama menjadi PT Astra Dian Lestari pada tanggal 23 Desember 1996. Konsolidasi atas beberapa produsen suku cadang Grup Astra dan perubahan nama dari PT Astra Dian Lestari menjadi PT Astra Otoparts terjadi pada tanggal 7 November 1997.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan terutama bergerak dalam perdagangan dan manufaktur suku cadang dan aksesoris otomotif dan jasa. Perseroan memulai kegiatan komersialnya pada tahun 1991.

Kegiatan usaha Perseroan terbagi atas tiga segmen operasi, yaitu manufaktur, perdagangan, dan jasa yang dijalankan oleh entitas anak, entitas asosiasi, ataupun ventura bersama. Fokus bisnis Perseroan adalah proses produksi dan distribusi aneka ragam suku cadang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, dengan segmen pasar terbesar adalah pasar pabrikan otomotif (OEM - Original Equipment Manufacturer) dan pasar suku cadang pengganti (REM - Replacement Market). 

Dalam bidang manufaktur, Perseroan memproduksi komponen dan rangkaiannya (assemblies) yang didistribusikan secara langsung baik ke pasar pabrikan otomotif maupun pasar suku cadang pengganti di dalam maupun luar negeri melalui unit bisnis perdagangan Perseroan. Perseroan menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra bisnis ternama dunia seperti Denso, Kayaba, Aisin, Akebono Brake, GS Yuasa International, Pirelli, SKF, Daido, dan masih banyak lainnya dalam memproduksi berbagai macam produk suku cadang.

Dalam bidang perdagangan, Perseroan mendistribusikan komponen otomotif ke pasar suku cadang pengganti dalam dan luar negeri. Perseroan didukung oleh jaringan distribusi domestik yang luas, meliputi 50 diler utama dan 24 kantor penjualan yang melayani sekitar 12.000 toko suku cadang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, pangsa pasar Perseroan juga meluas hingga ke lebih dari 45 negara di kawasan Afrika, Amerika, Asia Oseania, Eropa, dan Timur Tengah. Untuk mendukung kegiatan operasional di tingkat global tersebut, Perseroan memiliki sebuah kantor perwakilan yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab. Perseroan juga memiliki jaringan ritel komponen otomotif modern yang pertama di Indonesia dengan konsep bisnis waralaba yang berfokus pada penjualan dan penyediaan fast moving parts, quick service, dan related service yang telah mulai beroperasi sejak tahun 1998. Jaringan ritel ini dikenal dengan nama Shop&Drive dan terus berkembang dengan pesat. Hingga akhir tahun 2020, terdapat total 383 gerai Super Shop&Drive, Shop&Drive, dan Shop&Bike yang tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Untuk menjangkau langsung konsumen sekaligus memberikan kemudahan bagi para konsumen tersebut, Perseroan membuat platform www.astraotoshop.com. Dengan adanya platform ini, para pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian produk-produk unggulan Perseroan dengan mudah, aman, dan berkualitas secara online. Selain itu, sebagai bagian dari upaya Perseroan untuk memberikan layanan yang cepat, praktis dan terpercaya kepada pelanggan, Perseroan memiliki gerai Motoquick yang tersebar di jaringan toko swalayan Alfamart. Motoquick merupakan gerai yang melayani penggantian aki, ban, dan pelumas roda dua dengan produk-produk unggulan dari Perseroan, yaitu GS Astra, Aspira Premio, dan Shell Advance. Perseroan juga memiliki gerai yang melayani perawatan berkala khusus kendaraan roda empat yaitu Astra Otoservice.

Berbagai inisiatif strategis dilakukan Perseroan untuk memperkuat posisinya di industri suku cadang otomotif serta memperluas pangsa pasarnya di skala nasional dan global. Salah satu langkah strategis Perseroan adalah mendirikan anak perusahaan patungan bersama dengan pemasok komponen terkemuka dari Amerika Serikat, Tiongkok, Italia, Jepang, Taiwan, dan Swedia seperti Aisin Seiki, Aisin Takaoka, Akashi Kikai Seisakusho, Akebono Brake, Aktiebolaget SKF, Asano Gear, Daido Steel, Denso, DIC Corporation, GS Yuasa, Juoku Technology, Kayaba, Keihin Seimitsu Kogyo, Mahle, MetalArt, Nippon Gasket, Nittan Valve, NTN Corporation, Pirelli, SunFun Chain, Toyoda Gosei, Toyota Industries, dan Visteon.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Astra Otoparts Tbk
KodeAUTO
Alamat KantorJl. Raya Pegangsaan Dua Km 2.2 Kelapa Gading Jakarta 14250, Indonesia
Alamat Emailinvestor@component.astra.co.id
Situshttp://www.component.astra.co.id
Telepon(021) 4603550, 4607025
Faks(021)4603559,4603549,4607009,4607011
NPWP01.345.243.8-054.000
Tanggal IPO15 Jun 1998
Bidang Usaha UtamaAutomotive and Components
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorOtomotif & Komponen Otomotif
IndustriKomponen Otomotif
Sub IndustriSuku Cadang Otomotif


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama