Profil PT PP (Persero) Tbk (IDX: PTPP)

Profil PT PP (Persero) Tbk (IDX PTPP) investasimu.com

Foto: PP (Persero) 

Investasimu.com. PT PP (Persero) Tbk (IDX: PTPP) semula adalah badan usaha yang dibentuk dari hasil peleburan perusahaan bangunan bekas milik Bank Industri Negara yang didirikan berdasarkan Akta Notaris Raden Mr. Soewandi di Jakarta, No. 48 tanggal 26 Agustus 1953 (Bank Industri Negara kemudian dilebur menjadi Bank Pembangunan Indonesia). Proyek pertama NV Pembangunan Perumahan adalah membangun kompleks perumahan pejabat PT Semen Gresik Tbk, anak perusahaan BAPINDO yang berlokasi di Gresik. Seiring dengan kepercayaan yang terus meningkat, NV Pembangunan Perumahan mendapat tugas untuk membangun proyek-proyek besar hasil rampasan perang dari Pemerintah Jepang, seperti Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, Ambarukmo Palace Hotel dan Samudera Beach Hotel.

Sesuai Undang-Undang No. 19 PRP Tahun 1960, NV Pembangunan Perumahan dilebur menjadi Perusahaan Negara (PN) Pembangunan Perumahan, yaitu Perusahaan Negara yang didirikan pada tanggal 29 Maret 1961 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 63. PN Pembangunan Perumahan kemudian mengalami perubahan badan hukum pada tahun 1971, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 39 tentang pengalihan bentuk PN Pembangunan Perumahan menjadi Perusahaan Perseroan (Persero), yang disebut PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan/atau PT PP (Persero) dan/atau PTPP berdasarkan Akta Perseroan Terbatas PT Pembangunan Perumahan No. 78 tanggal 15 Maret 1973 Jo. Akta Perubahan No. 247 tanggal 21 Maret 1974, keduanya dibuat di hadapan Kartini Muljadi, S.H., notaris di Jakarta.

Sesuai Anggaran Dasar Perseroan, maksud dan tujuan Perseroan ialah turut serta melakukan usaha di bidang industri, konstruksi, Engineering, Procurement - Construction (EPC), perdagangan, pengelolaan kawasan, layanan jasa peningkatan kemampuan dibidang konstruksi, jasa engineering dan perencanaan, pengembangan serta optimalisasi pemanfaaatan sumber daya Perseroan untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, untuk mendapatkan atau mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas. 

Sejak berdirinya (1953-2002), PTPP telah menjadi pemain utama dalam bisnis konstruksi nasional, dengan mengerjakan berbagai mega proyek nasional. Pada tahun 1991, PTPP menempuh diversifikasi kegiatan usaha, yakni properti dan realti, di antaranya adalah usaha sewa ruang kantor di Plaza PP dan pengembangan usaha realti di kawasan Cibubur. Selain itu, PTPP juga membentuk beberapa perusahaan afiliasi dengan menggandeng mitra dari dalam dan luar negeri, di antaranya PT PP-Taisei Indonesia Construction, PT Mitracipta Polasarana dan PT Citra Waspphutowa.

Dalam menjalankan usahanya, Perusahaan membagi usahanya menjadi 2 (dua), yaitu: Jasa Konstruksi dan Investasi. Di bidang Jasa Konstruksi terdiri dari Kontraktor (Gedung, Sipil, dan EPC) dan Bisnis Kontraktor Spesialis (Pecialist, Plant, dan Equipment). Sedangkan bidang Investasi, Perusahaan membaginya ke dalam Infrastruktur, Energi, dan Properti.

JASA KONSTRUKSI

General Contractor

Sebagai penyedia jasa pelayanan konstruksi publik, PTPP menjalankan usahanya dengan berfokus pada kegiatan jasa konstruksi untuk pembangunan Gedung, Sipil/Infrastruktur, dan EPC. Kegiatan jasa konstruksi ini bernilai historis, menjadi simbol negara dan memberikan sumbangsih yang besar bagi masyarakat.

Pembangunan Proyek Gedung

Selama lebih dari 6 (enam) dekade berkiprah, PTPP telah membangun berbagai proyek bangunan besar bernilai historis di seluruh Indonesia. Keunggulan PTPP dalam mengerjakan proyek konstruksi bangunan terus berlanjut hingga kini guna memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat dan institusi baik pemerintahan maupun swasta secara luas melalui berbagai pembangunan gedung, seperti: perkantoran, apartemen, hotel, bandar udara, rumah sakit, stadion, sekolah dan universitas, mal, hingga fasilitas pelayanan publik lainnya.

Pembangunan Proyek Sipil atau Infrastruktur

Dalam melayani pembangunan di sektor pekerjaan sipil atau infrastruktur, PTPP terus meningkatkan derap pembangunan infrsatruktur dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat Indonesia. Untuk mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Maju yang adil dan merata, PTPP telah dipercaya untuk mengemban tugas dalam membangun negara dengan pembangunan berbagai fasilitas dan utilitas umum, seperti: Jalan, Jalan Tol, Jembatan, Bendungan, Irigasi, Pelabuhan, Runway Bandar Udara, Railways, hingga Terowongan.

Pembangunan Proyek EPC

PTPP telah melebarkan sayapnya di bidang pembangunan jasa konstruksi EPC sejak tahun 2011 dimana Perusahaan telah membangun lebih dari 30 (tiga puluh) pembangkit listrik dengan total kapasitas sebesar 2.831 (dua ribu delapan ratus tiga puluh satu) MW

Bisnis Konstruksi Specialist, Plant & Equipment

Sebagai penyedia jasa pelayanan konstruksi, PTPP melalui entitas anaknya, yaitu: PT PP Presisi Tbk (IDX: PPRE) dan PT PP Urban (“PPUB”) menjalankan usahanya dengan berfokus pada kegiatan jasa konstruksi lainnya yang dibagi menjadi 3 (tiga) segmen, yaitu: Kontraktor Specialist, Plant, dan Equipment. Specialist.

INVESTASI

Selain menjadi perusahaan konstruksi, PTPP juga melakukan pengembangan usaha dan berfokus pada investasi di bidang Properti, Infrastruktur, dan Energi yang dikelola melalui entitas anak usahanya, yaitu: PT PP Properti Tbk (IDX: PPRO), PT PP Infrastruktur (“PPIN”), dan PT PP Energi (“PPEN”) yang memiliki berbagai diversifikasi usaha.

Segmen Properti

PTPP melalui entitas anaknya, yaitu: PPRO membagi portofolio bisnisnya menjadi 3 (tiga) lini bisnis, yaitu: Residensial, Mall & Edutainment, dan Hotel. PPRO melaksanakan pengembangan, pembangunan dan pengoperasian sejumlah gedung komersial, hotel, apartemen, perkantoran, permukiman, pusat perbelanjaan, trade center dan fasilitas lain untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang. PPRO mengutamakan pasar kelas menengah dengan secara selektif melihat peluang pasar kelas atas dan senantiasa mengutamakan pengembangan produk high rise building dengan mengusung konsep “Beyond Space”

Segmen Infrastruktur

PTPP melalui entitas anaknya, yaitu PT PP Infrastruktur (“PPIN”) bertugas untuk mengelola aset entitas induk yang berfokus pada investasi di bidang infrastruktur. PPIN akan terus mengembangkan sayap dan berkontribusi secara optimal dalam pembangunan nasional. PP Infra memfokuskan investasinya ke dalam 7 (tujuh) sektor, yaitu: MRT, jalan tol, pelabuhan, infrastruktur telekomunikasi, pengelolaan air, infrastruktur jaringan dan kawasan industri

Segmen Energi

PTPP telah mengembangkan road map bisnis dengan sasaran dan fokus dalam hal investasi dengan mempertimbangkan berbagai tinjauan aspek, melalui anak usahanya yang bergerak di bidang investasi Oil & Gas, Thermal Power Plant dan Renewable Energy, yakni PPEN.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT PP (Persero) Tbk
KodePTPP
Alamat KantorPlaza PP Jl. Letjend. TB Simatupang No.57 Pasar Rebo - Jakarta 13760, Indonesia
Alamat Emailcorsec@ptpp.co.id
Situswww.ptpp.co.id
Telepon021-8403883
Faks021-8403890
NPWP01.001.613.7-093.000
Tanggal IPO9 Feb 2010
Bidang Usaha UtamaJasa Konstruksi
SektorInfrastruktur
Sub SektorKonstruksi Bangunan
IndustriKonstruksi Bangunan
Sub IndustriKonstruksi Bangunan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama