Profil PT ABM Investama Tbk (IDX: ABMM)

Profil PT ABM Investama Tbk (IDX ABMM) investasimu.com


Foto: ABM Investama 

Investasimu.com. PT ABM Investama Tbk (IDX: ABMM) didirikan berdasarkan Akta Notaris Asih Wahyuni Martaningrum, S.H., No. 01 tanggal 1 Juni 2006 di Depok, Indonesia dengan nama PT Adiratna Bani Makmur. Berdasarkan Akta Notaris Dwi Yulianti, S.H., No. 5 tanggal 31 Agustus 2009, nama Perseroan diubah dari PT Adiratna Bani Makmur menjadi PT ABM Investama.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan usaha Perseroan adalah menjalankan jasa konsultasi manajemen bisnis, termasuk perencanaan dan desain dalam rangka pengembangan manajemen bisnis, dan jasa penyewaan. Perseroan mulai beroperasi pada tahun 2006.

Perseroan merupakan perusahaan induk di bidang energi terintegrasi yang berada di bawah naungan Grup Tiara Marga Trakindo (“TMT”). Perseroan membagi kegiatan usaha ke dalam 3 segmen yaitu: Kontraktor tambang dan tambang batu bara; Jasa; dan Pabrikasi. 

Kontraktor Pertambangan

Perseroan menjalankan kegiatan usaha kontraktor tambang melalui Entitas Anak, yaitu PT Cipta Kridatama (“CK”) yang telah unggul sebagai perusahaan penyedia jasa kontraktor pertambangan di Indonesia. CK melakukan kegiatan jasa pertambangan dari hulu sampai ke hilir, dimulai dari pemindahan tanah penutup, penyewaan alat berat, eksplorasi, pengangkutan batu bara, peledakan, dan sebagainya. CK juga telah memiliki ratusan unit alat berat dan alat penunjang lain dalam menjalankan kegiatan usahanya, seperti excavator, truck, dozer, grader, wheel loader, dan compactor, serta sistem dan teknologi dengan standar terbaru. 

Pertambangan serta Perdagangan Hasil Tambang Batu Bara

Grup ABM, melalui PT Reswara Minergi Hartama (“Reswara”), menghasilkan batu bara termal dengan kalori rendah. Hasil tambang batu bara tersebut diperoleh Reswara melalui 2 Entitas Anak, yaitu PT Tunas Inti Abadi (“TIA”) dan PT Media Djaya Bersama (“MDB”). TIA memiliki konsesi tambang yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Sementara itu, MDB, melalui Entitas Anak, yaitu PT Mifa Bersaudara (“MIFA”) dan PT Bara Energi Lestari (“BEL”) memiliki konsesi tambang di Aceh.

Jasa Logistik Terintegrasi

Grup ABM mengembangkan jasa logistik terintegrasi melalui PT Cipta Krida Bahari (“CKB Logistics”) yang didirikan sejak tahun 1997. Entitas Anak ini menjalankan jasa logistik terpadu (total solution logistics) dengan konsentrasi pelanggan pada sektor energi. 

CKB Logistics mempunyai lisensi sebagai pengelola pusat logistik berikat (PLB) dari pemerintah Indonesia sejak Maret 2016. Lisensi tersebut didapatkan atas kinerja perusahaan yang baik serta didukung oleh teknologi terbaru di bidang inventori pergudangan. Selain itu, CKB Logistics juga mempunyai sertifikasi authorized economic operator (AEO) yang diberikan oleh World Customs Organization yang hanya dimiliki oleh 3 perusahaan logistik di Indonesia.

Jasa Rekayasa

Grup ABM menjalankan kegiatan usaha jasa rekayasa melalui PT Sanggar Sarana Baja (“SSB”) yang didirikan pada tahun 1977. SSB menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa rekayasa yang unggul di Indonesia dan mengembangkan jasa tersebut melalui business services, meliputi tahapan atau perbaikan teknis di lokasi proyek atau bengkel (workshop). Jenis kegiatan usaha yang dijalankan, terdiri dari pengelasan dan permesinan, perbaikan, modifikasi, serta perancangan dan pabrikasi khusus.

Solusi Ketenagalistrikan

Solusi ketenagalistrikan merupakan kegiatan operasi jasa pengadaan pembangkit listrik yang dijalankan melalui PT Anzara Janitra Nusantara (“AJN”), Entitas Anak Perseroan yang didirikan pada tahun 2014 dengan nama PT Pradipa Aceh Daya. Dalam menjalankan kegiatan operasi, AJN mendirikan Entitas Anak untuk mendukung pengembangan segmen usaha jasa. Melalui Entitas Anak tersebut, AJN telah menyelesaikan dan mengoperasikan satu Pembangkit Tenaga Listrik tenaga Biogas (PLTBg) di Kalimantan Selatan pada tahun 2020 yang dapat membantu elektrifikasi wilayah sekitar dan menambah bauran energi listrik dari Energi Terbarukan secara nasional.

Segmen Lainnya

Selain itu, Perseroan juga memiliki bidang usaha perniagaan bahan bakar minyak yang masuk dalam kategori usaha lain-lain. Bidang usaha tersebut dijalankan oleh Entitas Anak, yaitu PT Prima Wiguna Parama (“PWP”) untuk memenuhi kebutuhan operasi dalam ruang lingkup bisnis Perseroan sendiri. Kegiatan usaha ini dijalankan sejak Juni 2017. PWP telah mempunyai Izin Niaga Umum (NU) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi untuk menjalankan jual beli bahan bakar di wilayah Indonesia.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT ABM Investama Tbk
KodeABMM
Alamat KantorGedung TMT 1 Lantai 18 Jl. Cilandak KKO No. 1 Jakarta 12560, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@abm-investama.co.id
Situswww.abm-investama.com
Telepon021-29976767
Faks021-29976768
NPWP02.504.191.4-054.000
Tanggal IPO6 Des 2011
Bidang Usaha UtamaJasa penyewaan namun tidak terbatas pada alat - alat berat untuk keperluan eksplorasi dan eksploitasi dan dewatering di industri pertambangan
SektorPerindustrian
Sub SektorPerusahaan Holding Multi Sektor
IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor
Sub IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama