Profil PT Bakrie & Brothers Tbk (IDX: BNBR)

Profil PT Bakrie & Brothers Tbk (IDX BNBR) investasimu.com


Foto: Bakrie & Brothers 

Investasimu.com. PT Bakrie & Brothers Tbk (IDX: BNBR) didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 55 tanggal 13 Maret 1951 dari Notaris Sie Khwan Djioe dengan nama “N.V. Bakrie & Brothers”. Perjalanan Perseroan diawali dengan kisah usaha niaga sederhana almarhum H. Achmad Bakrie (1914-1997) yang kemudian berkembang, dan setelah terus tumbuh selama lebih dari 75 tahun, kini bergerak di bidang usaha investasi dan/atau divestasi.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, Kegiatan Usaha Utama Perseroan adalah aktivitas kantor pusat, aktivitas konsultasi manajemen lainnya, dan aktivitas konsultasi bisnis dan broker bisnis. Perseroan beroperasi secara komersial mulai tahun 1951. Perseroan memiliki tiga segmen operasi yang yang terdiri dari manufaktur dan infrastruktur, jasa pabrikasi dan konstruksi, serta perdagangan, jasa dan investasi.

Segmen Manufaktur Bahan Bangunan

BNBR memproduksi bahan bangunan melalui anak perusahaannya PT Bakrie Building Industries (BBI). Didirikan sebagai kerja sama usaha bersama dengan sebuah perusahaan Australia pada tahun 1976, BBI merupakan salah satu pionir produsen bahan bangunan di Indonesia yang menyediakan Total Building Solution bagi pasar domestik dan internasional. Produk BBI adalah bahan bangunan berkualitas tinggi seperti fiber semen untuk atap, plafon dan partisi serta produk pengganti kayu.

Segmen Manufaktur Industri Metal dan Jasa Pabrikasi dan Konstruksi Metal

Unit usaha BNBR yang bergerak di industri metal adalah PT Bakrie Metal Industries (BMI). BMI memulai usahanya pada tahun 1959 melalui anak perusahaannya PT Bakrie Pipe Industries (BPI) dengan memproduksi pipa baja untuk penggunaan umum dan kemudian juga merambah kepada sektor migas. Pada tahun 1984 BMI memperluas usahanya ke layanan pabrikasi baja bergelombang dan jembatan, kemudian pada tahun 1985 BMI memulai bisnis EPC melalui anak perusahaannya PT Bakrie Construction (BCons).

Segmen Manufaktur Komponen Otomotif

BNBR memproduksi komponen otomotif melalui anak perusahaannya PT Bakrie Autoparts (BA) yang sejak 23 November 2018 dimiliki oleh BNBR melalui BMI. Dahulu BA bernama PT Bakrie Tosanjaya yang mengawali produksinya pada tahun 1975. BA merupakan pemasok komponen otomotif bagi OEM dengan produk andalan diantaranya drum rem, roda gila, rem cakram, hub, dan rumah kopling. BA juga memiliki kapasitas untuk melakukan pengecoran komponen non-otomotif dan saat ini BA juga menyasar pasar suku cadang purna jual.

Segmen Infrastruktur

Unit usaha BNBR yang bergerak di bidang infrastruktur adalah PT Bakrie Indo Infrastructure (BIIN). Didirikan pada tahun 2008, BIIN merupakan pengembangan dari Divisi Infrastruktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Sebagai perusahaan induk dengan beragam aset infrastruktur di Indonesia, BIIN memanfaatkan pengalaman luasnya di bidang infrastruktur dan keahlian regional. Objektif BIIN adalah melakukan investasi pada proyek infrastruktur jalan tol, tenaga listrik, minyak dan gas, pelabuhan dan telekomunikasi yang menguntungkan dan memiliki potensi pertumbuhan tinggi.

Saat ini tiga proyek infrastruktur utama yang ditangani BIIN adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap 2 x 660 MW Tanjung Jati A di Jawa Barat, jalan tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,4 km di Jawa Barat, serta jalur pipa gas Kalija sepanjang 200 km untuk fase 1 di lepas pantai utara pulau Jawa dari Kepodang hingga Tambak Lorok, dan sepanjang 550 km untuk fase 2 dari Bontang, Kalimantan Timur hingga Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sejak Desember 2018 BIIN mengkonsolidasi PT Multi Kontrol Nusantara (MKN), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur teknologi informasi dan telekomunikasi serta penyedia jasa pendukung infrastruktur. MKN telah menjadi salah satu kontraktor proyek Palapa Ring.

Segmen Perdagangan, Jasa, dan Investasi

Perseroan juga memperoleh pendapatan dari segmen Perdagangan, Jasa dan Investasi yang meliputi perdagangan bahan bakar minyak, jasa manajemen dan konsultasi dan melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan lain baik dalam bentuk penyertaan saham, mendirikan atau mengambil bagian atas saham-saham perusahaan lain secara langsung maupun tidak langsung, perdagangan surat berharga dan kegiatan investasi lainnya.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Bakrie & Brothers Tbk
KodeBNBR
Alamat KantorBakrie Tower, Lantai 35, 36, dan 37, Rasuna Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta 12940, Indonesia
Alamat Emailmanagement@bakrie.co.id
Situswww.bakrie-brothers.com
Telepon+62 21 2991 2222
Faks+62 21 2991 2333
NPWP01.000.913.2-054.000
Tanggal IPO28 Agu 1989
Bidang Usaha UtamaPerdagangan dan Penyertaan
SektorPerindustrian
Sub SektorPerusahaan Holding Multi Sektor
IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor
Sub IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama