Profil PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (IDX: BMRI)

Profil PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (IDX BMRI) investasimu.com


Foto: Bank Mandiri 

Investasimu.com. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (IDX: BMRI) didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 dengan akta notaris Sutjipto, S.H., No. 10, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 1998 tanggal 1 Oktober 1998. Bank Mandiri didirikan melalui penggabungan usaha PT Bank Bumi Daya (Persero) (“BBD”), PT Bank Dagang Negara (Persero) (“BDN”), PT Bank Ekspor Impor Indonesia (Persero) (“Bank Exim”) dan PT Bank Pembangunan Indonesia (Persero) (“Bapindo”).

Berdasarkan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Bank Mandiri adalah melakukan usaha di bidang perbankan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bank Mandiri mulai beroperasi pada tanggal 1 Agustus 1999. 

Pada tanggal 31 Desember 2021, Bank Mandiri memiliki beberapa entitas anak yaitu PT Bank Syariah Indonesia (dahulu PT Bank Syariah Mandiri), Bank Mandiri (Europe) Limited (BMEL), PT Mandiri Sekuritas Sekuritas, PT Bank Mandiri Taspen (dahulu PT Bank Mandiri Taspen Pos), PT Mandiri Tunas Finance (MTF), Mandiri International Remittance Sendirian Berhad (MIR), PT AXA Mandiri Finansial Services, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, PT Mandiri Utama Finance (MUF), dan PT Mandiri Capital Indonesia. Bank Mandiri juga memiliki 6 kantor cabang luar negeri yang berlokasi di Cayman Islands, Singapura, Hong Kong, 2 kantor cabang di Dili Timor Leste, Shanghai (Republik Rakyat Cina) dan 1 kantor remittance yang berlokasi di Hong Kong. 

Untuk mendukung pencapaian aspirasi Bank Mandiri, yaitu menjadi partner finansial pilihan utama nasabah, Bank Mandiri mengelompokkan unit-unit kerja di struktur organisasinya menjadi 3 kelompok, yaitu:

Business Units 

Berfungsi sebagai motor utama pengembangan bisnis Bank atau unit yang menjadi segmen operasional (Segmen Operasi), yang terdiri dari dua segmen utama yaitu segmen Wholesale Banking yang terdiri dari Corporate Banking, Commercial Banking, Hubungan Kelembagaan, Treasury & International Banking dan segmen Retail Banking terdiri dari Credit Cards, Consumer Loans, Micro Personal Loan, Small & Medium Enterprise Banking, dan Micro Development & Agent Banking.

Support Functions

Berfungsi sebagai supporting unit yang mendukung operasional Bank secara keseluruhan yang terdiri dari Special Asset Management, Manajemen Risiko yang membawahi Wholesale Risk dan Retail Risk, Teknologi Informasi & Operasi yang membawahi Operation, Kepatuhan dan SDM, Keuangan dan Strategi, Internal Audit, dan Corporate Transformation.

Bisnis & Jaringan 

Berfungsi sebagai unit yang melakukan penjualan produk dan jasa kepada seluruh segmen nasabah Bank Mandiri, terdiri dari 12 Kantor Wilayah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan wealth management.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Bank Mandiri (Persero) Tbk
KodeBMRI
Alamat KantorPlaza Mandiri, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.36-38, Jakarta 12190, Indonesia
Alamat Emailcma@bankmandiri.co.id
Situswww.bankmandiri.co.id
Telepon5265045 5265095 (Hunting)
Faks5274477 5275577
NPWP01.061.173.9-093.000
Tanggal IPO14 Jul 2003
Bidang Usaha UtamaJasa Keuangan - Perbankan
SektorKeuangan
Sub SektorBank
IndustriBank
Sub IndustriBank


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama