Profil PT Bank Permata Tbk (IDX: BNLI)

Profil PT Bank Permata Tbk (IDX BNLI)


Foto: Bank Permata 

Investasimu.com. PT Bank Permata Tbk (IDX: BNLI) didirikan dengan nama PT Bank Persatuan Dagang Indonesia di Indonesia dengan Akta Pendirian nomor 228 tanggal 17 Desember 1954 yang dibuat di hadapan Eliza Pondaag, Notaris di Jakarta. Selanjutnya berdasarkan Akta Perubahan Anggaran Dasar nomor 35 tanggal 20 Agustus 1971, dibuat di hadapan Tan Thong Kie, Notaris di Jakarta, PT Bank Persatuan Dagang Indonesia berubah nama menjadi PT Bank Bali. 

Tahun 2002 merupakan tonggak penting dalam sejarah PermataBank. Dengan pengawasan dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia, dan PT Bank Patriot menggabungkan diri ke dalam PT Bank Bali Tbk dan selanjutnya berganti nama dari PT Bank Bali Tbk menjadi PT Bank Permata Tbk berdasarkan Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa nomor 45 tanggal 27 September 2002, dibuat di hadapan Amrul Partomuan Pohan, S.H., L.L.M., Notaris di Jakarta.

Setelah melalui proses yang panjang, PermataBank mencatat sejarah baru di bulan Mei 2020 melalui transaksi akuisisi yang dilakukan oleh Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank). Bangkok Bank resmi menjadi pemegang saham pengendali PermataBank setelah mengambilalih 89,12% saham PermataBank dari seluruh jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor oleh Standard Chartered Bank dan PT Astra Internasional Tbk. Selanjutnya, sesuai dengan arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bangkok Bank mengintegrasikan Bangkok Bank Public Company Limited, cabang Jakarta, cabang pembantu Medan dan cabang pembantu Surabaya (BBI) ke PermataBank di mana PermataBank bertindak sebagai bank penerima integrasi. Penyelesaian rencana integrasi ditandai dengan pengalihan aset berkualitas baik dan liabilitas tertentu BBI secara hukum kepada PermataBank, dan selanjutnya dilakukan pencabutan izin usaha BBI dalam waktu dua tahun sejak tanggal efektif integrasi. Terhitung sejak tanggal 21 Desember 2020, integrasi BBI ke PermataBank telah menjadi efektif.

Bank mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 5 Januari 1955. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasarnya, Bank beroperasi sebagai bank umum. Bank memperoleh izin usaha sebagai bank umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 19371/U.M.II tanggal 19 Februari 1957. Bank juga memperoleh izin untuk menjalankan aktivitas sebagai bank devisa dan bank yang melakukan kegiatan berdasarkan prinsip syariah masingmasing berdasarkan Surat Keputusan Dewan Moneter Bank Indonesia No. Sekr/D.M./97 tanggal 8 Mei 1956 dan Surat Direktorat Perbankan Syariah No. 6/1082/DPbS tanggal 5 Oktober 2004.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Bank Permata Tbk
KodeBNLI
Alamat KantorGedung World Trade Center II, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920, Indonesia
Alamat Email-
Situswww.permatabank.co.id
Telepon021-5237788
Faks-
NPWP01.308.464.5-091.000
Tanggal IPO15 Jan 1990
Bidang Usaha UtamaPerbankan
SektorKeuangan
Sub SektorBank
IndustriBank
Sub IndustriBank


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama