Profil PT MNC Energy Investments Tbk (IDX: IATA)

Profil PT MNC Energy Investments Tbk (IDX IATA)


Foto: MNC Energy Investments 

Investasimu.com. PT MNC Energy Investments Tbk (IDX: IATA) didirikan berdasarkan Akta No. 14 tanggal 10 September 1968 dari Notaris Frederik Alexander Tumbuan dengan nama PT Indonesia Air Transport. Pada awalnya, ruang lingkup kegiatan usaha Perseroan adalah dalam bidang pengangkutan udara, menyewakan dan/atau menyewa, perdagangan, perawatan, perwakilan dan agen penjualan umum dan jasa pengamanan bandar udara. Perseroan beroperasi secara komersial pada tahun 1969.

Sebelumnya Perseroan memiliki pangkalan utama di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta dan pangkalan kedua yang digunakan untuk melayani pelanggan perusahaan minyak dan gas dan memiliki hanggar (fasilitas perawatan pesawat) yang berlokasi di Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Bandara Banyuwangi Jawa Timur. Perseroan menyediakan layanan penerbangan berkualitas, seperti penyewaan pesawat dan helikopter, bengkel pemeliharaan dan jasa terkait lainnya, untuk industri minyak, gas dan pertambangan di Indonesia dan Asia Tenggara, di darat dan lepas pantai serta mengkhususkan diri dalam penyediaan jasa evakuasi medis lewat udara, kargo, bengkel pemeliharaan dan third-party operation, geofisika, survey foto udara serta layanan udara bagi industri pariwisata di berbagai daerah terpencil di Indonesia. 

Pada tanggal 23 Februari 2022, Perseroan melakukan pembelian 99,33% saham PT Bhakti Coal Resources, perusahaan batu bara pemilik sembilan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dari PT MNC Investama Tbk. Perseroan yang sebelumnya bergerak di bidang usaha pengangkutan udara niaga dan jasa melakukan perubahan kegiatan usaha utama Perseroan dengan memfokuskan kegiatan pada bidang investasi dan perusahaan induk dimana investasinya akan berada pada unit-unit bisnis yang masing-masing akan menjalani usaha pertambangan, infrastruktur, dan transportasi udara. Sebagai tindak lanjut perubahan usaha tersebut, berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Perubahan Anggaran Dasar No. 13 tanggal 10 Februari 2022, yang dibuat di hadapan Notaris Aulia Taufani, S.H,  nama Perseroan diubah dari PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk menjadi PT MNC Energy Investments Tbk. 

Di sisi lain, Perseroan juga melakukan pengalihan aset transportasi udara kepada salah satu anak usahanya yakni PT Indonesia Air Transport (IAT) yang telah mendapatkan Seritifikat Operator Pesawat Udara dari Kementrian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sertifikat tersebut menyatakan bahwa IAT berwenang untuk menyelenggarakan angkutan udara niaga sesuai dengan petunjuk pengoperasian dan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil yang berlaku. Perseroan juga memiliki penyertaan di anak usaha lain seperti PT Global Maintenance Facility yang bergerak dalam bidang jasa perawatan pesawat udara dan jasa terkait lainnya serta PT MNC Infrastruktur Utama yang bergerak dalam bidang jasa pelabuhan khusus dan jasa terkait lainnya.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT MNC Energy Investments Tbk
KodeIATA
Alamat KantorMNC Tower Lantai 22 Jl. Kebon Sirih No. 17-19 Jakarta Pusat 10340 INDONESIA, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@indonesia-air.com
Situswww.indonesia-air.com
Telepon(62-21) 3912935
Faks(62-21) 3912941
NPWP01.002.818.1-054.000
Tanggal IPO13 Sep 2006
Bidang Usaha UtamaInvestment
SektorTransportasi & Logistik
Sub SektorTransportasi
IndustriMaskapai Penerbangan
Sub IndustriMaskapai Penerbangan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama