Profil PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (IDX: PORT)

Profil PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (IDX PORT) investasimu.com


Foto: Nusantara Pelabuhan Handal 

Investasimu.com. PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (IDX: PORT) didirikan dengan nama PT Kharisma Mutiara Agung (KMA) pada 29 Desember 2003 sesuai dengan Akta Notaris No. 8 dari Periasman Effendi, S.H. Pada bulan November 2016, KMA berganti nama menjadi PT Nusantara Pelabuhan Handal.

Sesuai Anggaran Dasar, maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan adalah berusaha dalam bidang aktivitas perusahaan holding dan aktivitas konsultasi manajemen lainnya. Perseroan memulai kegiatan operasi komersial pada 1 Juli 2004.

Perseroan mulai mengelola terminal peti kemas internasional melalui PT Mustika Alam Lestari (MAL) pada 2004. Sepuluh tahun kemudian, pada 2014 Perseroan mengakuisisi mayoritas kepemilikan saham di PT PBM Adipurusa (ADP) yaitu perusahaan yang mengelola terminal peti kemas domestik. Di tahun yang sama, Perseroan mengakuisisi sebagian kepemilikan saham di PT Parvi Indah Persada (PIP). Pada tahun 2015, PIP menjalin kerja sama jangka panjang dengan Siamgas and Petrochemicals Public Company Limited untuk mengoperasikan terminal Suksawat di Bangkok.

Kegiatan usaha Perseroan dikelompokkan dalam tiga bisnis utama, yaitu 1) pengelolaan terminal peti kemas, 2) jasa pengoperasian dan pemeliharaan serta suplai alat pelabuhan, 3) jasa pengumpan.

Pengoperasian Terminal

Perseroan melalui entitas anak mengelola terminal peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, dan Suksawat Bangkok dengan total kapasitas terpasang 1.000.000 TEUs. MAL mengelola terminal peti kemas internasional. ADP, bermitra dengan PT IPC Terminal Peti Kemas mengelola terminal peti kemas domestik. Keduanya beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Suksawat Terminal Company Ltd. mengelola terminal peti kemas internasional di Suksawat, Bangkok.

Jasa Pengoperasian dan Pemeliharaan serta Suplai Alat Pelabuhan

Perseroan melalui PIP dan PT Indoport Terminal and Operator (ITO) menyediakan jasa pengoperasian alat pelabuhan, termasuk perbaikan dan pemeliharaannya. Untuk itu Perseroan menyiapkan operator terlatih dan teknisi andal guna memastikan setiap peralatan terpelihara dengan baik.

Perseroan juga membantu pelanggan dalam pengadaan peralatan pelabuhan, mulai dari proses penentuan spesifikasi, desain, modifikasi (reftrofit) dan fabrikasi, pengapalan hingga pemasangan (commissioning).

Jasa Pengumpan Peti Kemas

Perseroan melalui Port Solution Thailand mengelola bisnis pengangkutan peti kemas dari terminal di Pelabuhan Laem Chabang ke Suksawat Terminal di Bangkok dan Bangkok Port, pulang-pergi.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk
KodePORT
Alamat KantorNPH Building Jl. Kebon Bawang I No. 45 Rt.8/Rw.7 Kebon Bawang Tanjung Priok Jakarta Utara 14320, Indonesia
Alamat Emailcs@nusantaraport.id
Situshttps://www.nusantaraport.id
Telepon(021) 2243 5010
Faks(021) 2243 5525
NPWP02.188.646.0-013.000
Tanggal IPO16 Mar 2017
Bidang Usaha UtamaPerdagangan Umum, Jasa Perusahaan Bongkar Muat dari dan ke Kapal, Jasa Pengelolaan dan Pelayanan Kepelabuhan (Badan Usaha Pelabuhan) serta bidang industri rekondisi alat pengangkat dan alat pemindah serta jasa reparasi dan perawatan alat pengangkatan dan
SektorInfrastruktur
Sub SektorInfrastruktur Transportasi
IndustriOperator Infrastruktur Transportasi
Sub IndustriOperator Pelabuhan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama