Profil PT Surya Semesta Internusa Tbk (IDX: SSIA)

Profil PT Surya Semesta Internusa Tbk (IDX SSIA) investasimu.com


Foto: Surya Semesta Internusa 

Investasimu.com. PT Surya Semesta Internusa Tbk (IDX: SSIA) didirikan berdasarkan akta notaris No. 37 tanggal 15 Juni 1971 dari Ny. Umi Sutamto, SH, notaris di Jakarta, dengan nama PT Multi Investments Ltd. Kemudian pada tahun 1995, Perseroan bertransformasi menjadi PT Surya Semesta Internusa.

Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan Perseroan terutama adalah berusaha dalam bidang industri, perdagangan, pembangunan, pertanian, pertambangan dan jasa, termasuk mendirikan perusahaan di bidang perindustrian bahan bangunan, real estat, kawasan industri, pengelolaan gedung dan lain-lain. Pada saat ini kegiatan utama Perseroan adalah melakukan penyertaan saham dan memberikan jasa manajemen serta pelatihan pada entitas anak yang bergerak dalam bidang usaha pembangunan / pengelolaan kawasan industri, real estat, jasa konstruksi, perhotelan dan lain-lain. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1971.

Menandai kiprah awal perjalanan Perseroan sebagai perusahaan pengembang, Perseroan berhasil mengembangkan Kuningan Raya, sebuah kawasan pemukiman dan bisnis yang terletak di daerah Segitiga Emas Jakarta Selatan. Begitu pun dengan Glodok Plaza yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia yang terletak di kawasan komersial di Jakarta Barat. Proyek berikutnya bergantian menjadi tonggak sejarah penting yang membesarkan nama Surya Internusa.

Secara umum, Grup Perseroan memiliki 3 unit usaha yaitu:

1. Properti, pengembang dan pengelola kawasan industri, real estate, gedung, dan pusat perdagangan

PT Suryacipta Swadaya merupakan pengembang dan pengelola Kota Industri Suryacipta seluas 1.400 hektar yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat dan memiliki akses langsung ke jalan tol “Jakarta-Cikampek” yang menghubungkan Suryacipta ke Jakarta, Bandung dan kota-kota besar di Jawa Tengah. Lokasinya strategis dan dekat dengan Pelabuhan Patimban dan Bandara Internasional Kertajati.

Pada tanggal 7 April 2015 SSIA, Mitsui dan TICON menandatangani perjanjian Joint Venture melalui perusahaan yang diberi nama PT SLP Surya Ticon Internusa (SLP) yang bergerak di bidang pembangunan, penyewaan dan pengelolaan pergudangan dan pabrik siap pakai di Indonesia. SLP membeli tanah seluas 22 hektar termasuk bangunan yang ada di SLP Karawang dan berlokasi di Suryacipta City of Industry. SLP Karawang ditujukan untuk memenuhi permintaan atas pergudangan dan pabrik siap pakai berkualitas internasional dari para pedagang domestik maupun asing dari sektor industri otomotif, consumer product, penyedia jasa logistik, retail dan wholesale, food and beverages, farmasi, kosmetik dan elektronik.

PT Surya Energi Parahita, entitas anak SSIA didirikan pada tahun 2014, bergerak di bidang penyaluran/distribusi gas bumi. SEP telah beroperasi untuk menyediakan gas bumi untuk para tenant dari kawasan industri.

PT TCP Internusa (TCP) mengembangkan perumahan Tanjung Mas Raya dengan luas 37 hektar yang berlokasi di Jakarta Selatan. Tanjung Mas Raya merupakan kawasan pemukiman menengah atas yang terdiri dari area perumahan dan komersial. 

PT Sitiagung Makmur (SAM) adalah pengembang resort eksklusif Banyan Tree Ungasan Resort di Bali. Total area pengembangan sekitar 10 hektar yang terdiri dari 71 villa dengan berbagai fasilitas eksklusif. Memasuki tahun 2021, Banyan Tree Ungasan Resort berganti nama menjadi Jumana Bali. 

2. Konstruksi, jasa kontraktor umum di bidang pembangunan bangunan komersial, pertambangan, dan infrastruktur.

PT Nusa Raya Cipta Tbk (IDX: NRCA) bergerak dalam jasa konstruksi seperti pemborongan bangunan-bangunan gedung bertingkat, hotel, bangunan perkantoran dan industri, pusat perbelanjaan dan mall, apartemen, rumah tinggal, rumah sakit, infrastruktur seperti jalan dan jembatan serta pekerjaan pemancangan tiang pancang.

3. Perhotelan, pengembang dan pengelola hotel dan resort

Perseroan melakukan pengembangan bisnis dengan memperluas portofolio bisnis, meliputi: pengembangan properti, layanan konstruksi dan infrastruktur, serta perhotelan. Melalui sejumlah anak perusahaan, SSIA memiliki lebih dari 10 hotel yang telah beroperasi sepenuhnya dengan merek Gran Meliá Jakarta dan Meliá Bali Hotel (5 star), Banyan Tree Ungasan Resort (saat ini Jumana Bali), The Plaza Hotel Glodok (2 star) dan BATIQA Hotels (3 star).              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Surya Semesta Internusa Tbk
KodeSSIA
Alamat KantorTempo Scan Tower Lantai 20 Jl. HR Rasuna Said Kavling 3-4 Jakarta Selatan, Indonesia
Alamat Emailinquiry@suryainternusa.com
Situswww.suryainternusa.com
Telepon(62-21) 526 2121, 527 2121
Faks(62-21) 526 7878
NPWP01.302.653.9-054.000
Tanggal IPO27 Mar 1997
Bidang Usaha UtamaProperty dan Real Estate
SektorInfrastruktur
Sub SektorKonstruksi Bangunan
IndustriKonstruksi Bangunan
Sub IndustriKonstruksi Bangunan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama