Profil PT United Tractors Tbk (IDX: UNTR)

Profil PT United Tractors Tbk (IDX UNTR) investasimu.com


Foto: United Tractors 

Investasimu.com. PT United Tractors Tbk (IDX: UNTR) didirikan pada tanggal 13 Oktober 1972 dengan nama PT Inter Astra Motor Works, berdasarkan Akta Pendirian No. 69, dihadapan Djojo Muljadi, S.H.. Perseroan berganti nama menjadi PT United Tractors pada tanggal 13 Oktober 1972.

Ruang lingkup kegiatan utama Perseroan dan entitas anak meliputi penjualan dan penyewaan alat berat beserta pelayanan purna jual; penambangan dan kontraktor penambangan; rekayasa, perencanaan, perakitan, dan pembuatan komponen mesin, alat, peralatan, dan alat berat; pembuatan kapal serta jasa perbaikannya; penyewaan kapal dan angkutan pelayaran; industri konstruksi; pembangkit listrik; dan industri perikanan. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1973.

Perseroan merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk (IDX: ASII),  Saat ini Perseroan adalah salah satu pemain utama di industri alat berat dan pertambangan yang terus mengembangkan portofolio usahanya melalui enam pilar bisnis, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan, Pertambangan Batu Bara, Pertambangan Emas, Industri Konstruksi, dan Energi.

Segmen Mesin Konstruksi

Pilar usaha Mesin Konstruksi berfokus pada penjualan alat berat dan alat transportasi. Segmen usaha ini merupakan segmen penting sejak awal pendirian Perseroan dan menawarkan berbagai produk andal yang dapat mendukung kegiatan usaha di berbagai sektor, seperti pertambangan, perkebunan, konstruksi dan kehutanan, serta angkutan dan transportasi.

United Tractors adalah distributor tunggal produk-produk Komatsu di Indonesia sejak 1973. Seiring berkembangnya basis pelanggan dan adanya kebutuhan akan produk-produk yang dapat mendukung pekerjaan lapangan atau industrial lainnya, Perseroan menawarkan produk-produk tambahan termasuk crane Tadano, vibratory roller Bomag dan UD Trucks. Perseroan juga menambahkan produk-produk truk dan bus Scania ke dalam portofolionya, yang kini menjadi salah satu pendukung moda transportasi publik modern di Indonesia.

Secara khusus, Perseroan mendirikan anak perusahaan PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE) untuk menawarkan layanan rekayasa dan manufaktur komponen dan attachment alat berat, PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA) dan PT Universal Tekno Reksajaya (UTR) untuk menawarkan jasa rekondisi mesin, serta PT Bina Pertiwi (BP) untuk menjual dan menyewakan traktor pertanian Kubota, generator Kubota dan Komatsu, ekskavator mini Komatsu dan forklift Komatsu, sekaligus penjualan produk-produk commodity parts.

Segmen Kontraktor Penambangan

Perseroan menjalankan usaha Kontraktor Penambangan melalui PT Pamapersada Nusantara (PAMA). PAMA merupakan kontraktor spesialis yang menyediakan jasa pertambangan komprehensif kepada pemilik tambang, sehingga dapat membantu mereka memproduksi batu bara guna memenuhi permintaan dalam dan luar negeri.

Segmen Pertambangan Batu Bara

Untuk kegiatan terkait Pertambangan Batu Bara, PT Tuah Turangga Agung (TTA) beroperasi melalui beberapa anak usahanya. Hingga kini, Perseroan, melalui berbagai anak usaha, memiliki hak konsesi di berbagai wilayah di Indonesia Saat ini TTA mengoptimalkan produksi batu bara dari tambang PT Asmin Bara Bronang (ABB) dan tambang PT Telen Orbit Prima (TOP). Pada tahun 2017, TTA mengakuisisi 80,1% kepemilikan saham di SMM, perusahaan konsesi batu bara kokas di Kalimantan Tengah. SMM diperkirakan memiliki cadangan batu bara sebanyak 63 juta ton.

Segmen Pertambangan Emas

Di akhir tahun 2018, Perseroan melalui anak usaha PT Danusa Tambang Nusantara (DTN) mengakuisi 95% kepemilikan atas PT Agincourt Resources (PTAR), perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral emas di Sumatra Utara. Setelah transaksi ini, DTN memiliki 95% saham PTAR, sedangkan 5% saham sisanya dimiliki oleh pemerintah daerah, melalui PT Artha Nugraha Agung.

Perseroan menjalankan pilar bisnis Pertambangan Emas melalui PTAR. PTAR mengoperasikan Tambang Emas Martabe yang berlokasi di provinsi Sumatra Utara. Tambang Emas Martabe beroperasi berdasarkan Kontrak Karya selama 30 tahun dengan pemerintah Indonesia. Luas wilayah menurut perjanjian ini adalah 1.302 km2 dan mencakup area yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Mandailing Natal. Lokasi Tambang Emas Martabe sendiri berada di Kabupaten Tapanuli Selatan dengan area operasi seluas 479 hektar

Segmen Industri Konstruksi

Perseroan mendirikan pilar usaha Industri Konstruksi pada tahun 2015 melalui akuisisi PT Acset Indonusa Tbk (IDX: ACST), sebuah perusahaan lokal dengan pengalaman 20 tahun di bidang fondasi dan konstruksi bangunan di Indonesia. ACSET yang telah berdiri sejak 1995, memiliki rekam jejak serta kompetensi tinggi dalam jasa konstruksi dan fondasi untuk pekerjaan bangunan, dan sipil. Proyek-proyek penting ACSET antara lain pusat perbelanjaan dan perhotelan Pacific Place, Thamrin Nine, Gandaria City, Kota Kasablanka, West Vista Jakarta, Alila Seminyak, dan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II sepanjang 36,4 kilometer

Segmen Energi

Perseroan mendirikan pilar usaha Energi pada tahun 2017. Melalui anak perusahaan PT Bhumi Jati Power (BJP), Perseroan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 (2x1.000 MW) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sebagai Independent Power Producer (IPP). BJP membangun dua unit baru PLTU yang menggunakan teknologi ultra-supercritical dengan kapasitas pembangkit 2x1.000 MW yang dibangun berdekatan dengan pembangkit listrik yang telah dioperasikan sebelumnya yaitu Tanjung Jati B (Units 1-4). Pembangkit listrik ini rencananya akan memasok listrik selama periode 25 tahun untuk PLN, sejak dimulainya pengoperasian secara komersial (COD). Proyek pembangkit listrik ini dikelola oleh konsorsium BJP, yang terdiri dari Sumitomo Corporation (50% saham), Perseroan (25% saham) dan The Kansai Electric Power Co. Inc. (25% saham).

Selain sektor IPP, Perseroan juga telah membangun PLTU mulut tambang (PLTU PAMA-1) berkapasitas 2x15 MW di Kalimantan Tengah untuk mendukung kebutuhan listrik pada konsesi tambang yang dimiliki Perseroan. PLTU PAMA-1 telah beroperasi sejak tahun 2018.               

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT United Tractors Tbk
KodeUNTR
Alamat KantorJl. Raya Bekasi km. 22, Cakung, Jakarta 13910, Indonesia
Alamat Emailir@unitedtractors.com
Situswww.unitedtractors.com
Telepon021 4605959; 4605979
Faks021 4600655
NPWP01.308.524.6-091.000
Tanggal IPO19 Sep 1989
Bidang Usaha UtamaWholesale (Durable Goods)
SektorPerindustrian
Sub SektorBarang Perindustrian
IndustriMesin
Sub IndustriMesin Konstruksi & Kendaraan Berat


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama