Profil PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (IDX: GMTD)

Profil PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (IDX GMTD)


Foto: Gowa Makassar Tourism Development 

Investasimu.com. Sejarah PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (IDX: GMTD) berawal dari gagasan Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (PARPOSTEL) untuk mengembangkan 10 (sepuluh) kawasan destinasi wisata di Indonesia pada tahun 1991. Gagasan itu mendapat sambutan hangat dari beberapa pihak yakni Pemerintah Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan, Pemerintah Daerah Tingkat II Kotamadya Makassar, Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa, serta pihak swasta, yang kemudian bersepakat untuk membentuk sebuah konsorsium. Konsorsium tersebut melahirkan Gowa Makassar Tourism Development Corporation (GMTDC), pada tanggal 14 Mei 1991 berdasarkan akta Notaris Haji Abdullah Ashal, S.H., Notaris di Makassar, No. 34.

Kemudian pada tanggal 4 Juli 1991, GMTDC memperoleh rekomendasi untuk melaksanakan pembangunan dan pengelolaan kawasan wisata. Rekomendasi tersebut mendapat persetujuan dari Menteri PARPOSTEL yang menetapkan secara resmi GMTDC sebagai Pengelola Kawasan Wisata Tanjung Bunga, Sulawesi Selatan, pada tanggal 8 Juli 1991, yang disusul oleh terbitnya surat persetujuan dari Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan No. 1188/XI/1991 pada tanggal 5 November 1991, tentang peruntukan tanah seluas 1.000 hektar untuk pembangunan Kawasan Pariwisata Tanjung Bunga atas nama GMTDC dan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan No. 138/II/1995 tanggal 15 Februari 1995.

Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1997. Sesuai dengan Anggaran Dasar dan sampai dengan tanggal pelaporan, kegiatan utama Perseroan adalah bidang investasi dan pengembangan real estat dan properti.

Lokasi usaha Perseroan terletak di sekitar pesisir Pantai Selat Makassar yang Bernama Tanjung Bunga. Letaknya yang sangat strategis menjadikan Tanjung Bunga sebagai kota satelit yang menghubungkan antara Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa dan dengan beberapa kabupaten lain termasuk Mamminasata (Makassar–Maros–Sungguminasa–Takalar). Pengembangan Kawasan Tanjung Bunga ini dilakukan secara terintegrasi dengan master plan pengembangan wilayah oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Perseroan menjalankan 2 (dua) segmen usaha, yaitu bidang real estate yang merupakan segmen bisnis utama, yang meliputi penjualan rumah hunian, rumah toko dan lahan siap bangun (kaveling), serta segmen pendukung yang terdiri dari pengelolaan kawasan wisata Pantai Akkarena dan pengelolaan perkotaan.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Gowa Makassar Tourism Development Tbk
KodeGMTD
Alamat KantorJl. Metro Tanjung Bunga Mall GTC GA-9 No. 1 B, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@tanjungbunga.com
Situswww.tanjungbunga.com
Telepon0411-8113456
Faks0411-8113494
NPWP01.562.582.5-054.000
Tanggal IPO11 Des 2000
Bidang Usaha UtamaReal Estate
SektorProperti & Real Estat
Sub SektorProperti & Real Estat
IndustriPengelola & Pengembang Real Estat
Sub IndustriPengembang & Operator Real Estat


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama