Profil PT Solusi Tunas Pratama Tbk (IDX: SUPR)

Profil PT Solusi Tunas Pratama Tbk (IDX SUPR)


Foto: Solusi Tunas Pratama 

Investasimu.com. PT Solusi Tunas Pratama Tbk (IDX: SUPR) didirikan berdasarkan Akta Notaris Ridjqi Nurdiani, S.H. No. 5 tanggal 25 Juli 2006. Sesuai dengan Pasal 3 anggaran dasar Perseroan, ruang lingkup aktivitas Perseroan adalah berusaha dalam bidang konstruksi sentral telekomunikasi, real estat yang dimiliki sendiri atau disewa dan aktivitas perusahaan holding. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Maret 2008.

Perseroan saat ini tercatat sebagai salah satu perusahaan penyedia menara telekomunikasi independen terkemuka di Indonesia dari segi jumlah menara telekomunikasi yang dimiliki. Awalnya bisnis inti Perseroan berfokus pada penyewaan menara telekomunikasi untuk penempatan antena dan perangkat pendukung lain kepada operator telekomunikasi, yang dikenal dengan nama Base transceiver staton (BTS) melalui skema perjanjian kontrak sewa jangka panjang yang rata-rata berjangka waktu sekitar 10 tahun. Saat ini, Perseroan sudah memperluas layanan infrastruktur dengan menambah penyediaan layanan akses terhadap kapasitas backhaul serat optk dan juga jaringan indoor distribute antenna system (DAS) di berbagai pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran yang terletak di kota-kota besar.

Perseroan memiliki dua kategori tower yaitu Greenfield Towers dan Rooftop Towers. Greenfield Towers adalah menara tunggal yang memerlukan lebih banyak ruang dan biasanya terletak di daerah pedesaan. Sementara itu, Rooftop Towers adalah menara yang terletak di atap bangunan dan biasanya digunakan di daerah perkotaan. 

Perseroan saat ini juga memanfaatkan menara – menara mikrosel di Indonesia. Mikrosel adalah sel dalam jaringan telepon selular menggunakan cellular base tower berdaya rendah, biasanya mencakup area yang lebih kecil atau populasi perkotaan yang padat seperti mal, hotel, atau di area perstopan transportasi. Mikrosel menggunakan power control untuk membatasi radius cakupan area untuk luas kurang dari dua kilometer. Selain itu, Perseroan juga menggunakan Distributed Antenna System (DAS), yang merupakan jaringan dari antenna nodes terpisah yang terhubung ke sumber yang sama melalui media transportasi yang menyediakan layanan nirkabel dalam wilayah geografis atau struktur. Manfaat DAS adalah meminimalisir daya yang terbuang dalam mengatasi penetrasi dan shadowing losses, dan karena line-of-sight channel lebih sering hadir, menyebabkan berkurangnya fade depths dan mengurangi delay spread.

Terhitung pada tanggal 1 Oktober 2021, terjadi perubahan entitas induk Perseroan dari PT Kharisma Indah Ekaprima menjadi PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) yang merupakan anak usaha dari PT Sarana Menara Nusantara Tbk (IDX: TOWR).              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Solusi Tunas Pratama Tbk
KodeSUPR
Alamat KantorRukan Permata Senayan Blok. C 01-02 Grogol Utara, Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Indonesia
Alamat EmailCorporate.Secretary@stptower.com
Situswww.stptower.com
Telepon(021) 57900505
Faks(021) 57950077
NPWP02.493.271.7-013.000
Tanggal IPO11 Okt 2011
Bidang Usaha UtamaPenunjang telekomunikasi yang meliputi penyediaan, pengelolaan dan penyewaan menara Base Transceiver Station (BTS)
SektorInfrastruktur
Sub SektorTelekomunikasi
IndustriJasa Telekomunikasi Nirkabel
Sub IndustriJasa Telekomunikasi Nirkabel


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama