Profil PT Chemstar Indonesia Tbk (IDX: CHEM)

Saham CHEM Chemstar Indonesia


Foto: Chemstar Indonesia 

Investasimu.com. PT Chemstar Indonesia Tbk (IDX: CHEM) didirikan berdasarkan Akta Notaris Jusnita Gunawan, S.H., No. 7 tanggal 30 Januari 2004. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan adalah dalam bidang industri kimia dasar organik yang menghasilkan bahan kimia khusus, industri kimia dasar organik lainnya dan Industri barang kimia lainnya. Perseroan mulai melakukan kegiatan usaha secara komersial pada tahun 2004.

Perseroan adalah perusahaan produsen bahan kimia untuk industri tekstil yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat dan bergerak di bidang manufaktur dan perdagangan kimia untuk industri tekstil, kulit, plastik, dan sejenisnya. Sesuai dengan kegiatan usaha saat ini, Perseroan bergerak dalam bidang industri dan perdagangan bahan kimia spesialisasi untuk industri tekstil. Sedangkan kegiatan usaha penunjang adalah perdagangan bahan kimia umum.

Dalam perjalanannya, kegiatan usaha Perseroan meliputi: 

  1. distribusi bahan pewarnaan dan pemrosesan kain untuk industri tekstil seperti katun, rayon, polyester, nylon, dan sejenisnya;
  2. produsen bahan kimia untuk aktivitas proses-proses persiapan, dyeing, printing, dan finishing tekstil;
  3. produsen bahan pelumas, modifier, dan anti busa untuk industri pemintalan benang;
  4. produsen bahan kimia dan distributor untuk bahan pewarnaan kulit, kertas, kayu, dan bahan lainnya; dan
  5. produsen kimia umum untuk industri manufaktur lain-lain. 

Ke depannya, Perseroan berencana mengembangkan bisnis operasinya di industri kimia untuk spinning, weaving dan masuk ke sektor hilir yaitu pewarnaan tekstil. Selain itu, Perseroan juga berencana untuk mengembangkan operasional bisnisnya pada bidang makanan dan minuman (F&B).

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri bahan kimia, sebagian besar produk-produk yang dijual Perseroan merupakan produk dengan spesifikasi khusus sesuai dengan permintaan masing-masing konsumen yang dipesan melalui sistem bussines to bussines (B to B) dan hanya sebagian kecil yang tersedia di pasaran. Porsi pelanggan Perseroan terdiversifikasi dengan baik pada beberapa konsumen besar seperti Ateja, Kahatex, Indorama (INDR), Duniatex, Centex, Indah Jaya, dan lain-lain.

Selain produk hasil manufaktur sendiri, Perseroan juga merupakan distributor dari perusahaan kimia terkemuka internasional seperti Tanatex Chemicals Holland dan Transfar International China. Tanatex Chemicals d/h Bayer GmbH (pada tahun 2016 diakuisisi oleh Transfar Chemicals), adalah perusahaan multinasional dari Belanda, yang mengembangkan, memproduksi dan menjual bahan kimia untuk industri tekstil selama lebih dari 150 tahun. Berpengalaman dalam pemrosesan tekstil, Tanatex memimpin berbagai solusi inovatif untuk mengoptimalkan proses produksi dan mengembangkan tren mode dalam menciptakan produk tekstil yang unik dan berkelanjutan.

Selain untuk kebutuhan industri tekstil, specialty chemical products seperti pewarna, banyak digunakan dan diaplikasikan untuk produk-produk pada industri lainnya, seperti kulit, cat, kertas, plastik dan lain-lain. Oleh karenanya, Perseroan melakukan diversifikasi produk untuk memperluas pasar pada industri lainnya yang memiliki potensi pasar yang besar dan berkelanjutan.

Perseroan memiliki fasilitas produksi yang terletak di Purwakarta, sebuah lokasi industri yang strategis dan dilintasi oleh jalan provinsi, sehingga mempermudah arus distribusi. Fasilitas produksi ini juga dekat dengan pelabuhan sehingga mempercepat akses pengiriman antara pulau. Fasilitas produksi Perseroan berdiri di atas lahan seluas 5.360 m2. 

Perseroan memiliki 2 jenis plant, yaitu untuk produk liquid dan produk bubuk (powder). Kapasitas produksi untuk liquid sekitar 10.000 ton per bulan, sedangkan untuk powder sekitar 600 ton per bulan. Saat ini utilisasi pabrik baru mencapai 50% dikarenakan kebutuhan modal kerja yang diperlukan cenderung tinggi.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Chemstar Indonesia Tbk
KodeCHEM
Alamat KantorJl. Industri Ubrug No. 70, Kp. Cisampih, Kel. Cibinong, Kec. Jatiluhur Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41152, Indonesia
Alamat Emailcorp.sec@chemstarindonesia.com
Situswww.chemstarindonesia.com
Telepon(62-264) 8222 823 / 824
Faks(62-264) 8222 817
NPWP02.342.003.7-038.000
Tanggal IPO8 Jul 2022
Bidang Usaha UtamaIndustri dan perdagangan bahan kimia spesialisasi untuk industri tekstil
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriBarang Kimia
Sub IndustriBarang Kimia Dasar


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama