Sekilas IPO PT Hillcon Tbk (HILL)

Data IPO Saham Hillcon Tbk

Foto: Hillcon (HILL) 

Investasimu.com. PT Hillcon Tbk (IDX: HILL) adalah perusahaan yang bergerak pada bidang usaha aktivitas perusahaan holding dan aktivitas manajemen. Grup Perseroan saat ini terutama bergerak dalam bidang usaha jasa pertambangan dan konstruksi sipil. Secara umum, Grup Perseroan bergerak dalam bidang jasa pertambangan batubara dan nikel yang dilaksanakan oleh PT Hillconjaya Sakti (HS), anak usaha Perseroan. Grup Perseroan memiliki 2 (dua) lini usaha utama, yaitu jasa pertambangan dan jasa konstruksi sipil.

Data IPO HILL

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 2.211.500.000 lembar saham biasa atas nama (15% dari modal) yang seluruhnya adalah Saham Baru dan dikeluarkan dari portepel Perseroan.
Nilai Nominal Rp20 per saham.
Harga IPO Rp250 sampai dengan Rp400.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp884.600.000.000,00

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO HILL ini yaitu BRI Danareksa Sekuritas (OD), Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP), dan Sucor Sekuritas (AZ).

Jadwal IPO HILL

Jadwal IPO HILL dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus dan Pemegang Saham HILL

Susunan pengurus HILL yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Independen : Tan Tjoe Liang

Komisaris : Caecilia Sulistiowati

Direksi

Direktur Utama : Hersan Qiu

Direktur Operasional : Hermansyah

Direktur Investasi : Jaya Angdika

Direktur Keuangan : Rudi Santoso

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sebelum dan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham Hillcon

Rencana Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana hasil dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya Emisi, akan digunakan oleh HS dengan rincian sebagai berikut:

  1. sekitar 55% untuk modal kerja HS terkait dengan biaya produksi penambangan, termasuk diantaranya biaya terkait bahan bakar, gaji, biaya overhead, dan pemeliharaan alat-alat berat;
  2. sisanya sekitar 45% akan digunakan untuk belanja modal yang terdiri atas pembelian alat-alat untuk mendukung kegiatan operasional HS. Jenis alat yang akan dibeli yaitu berupa alat berat (main fleet dan supporting fleet) beserta sarana penunjang lainnya.

Laporan Keuangan HILL 2021

Perseroan berhasil membukukan kinerja positif di sepanjang tahun 2021. Pendapatan usaha Perseroan tumbuh dari Rp1,02 triliun menjadi Rp1,98 triliun YoY. Secara keseluruhan, Perseroan membukukan laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp403,6 miliar, meningkat jika dibandingkan raihan tahun sebelumnya yang tercatat laba sebesar Rp86,3 miliar. Nilai Earning per Share (EPS) Perseroan di tahun 2021 tercatat sebesar Rp40.

Per 31 Desember 2021, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp2,4 triliun, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2020 yang sebesar Rp1,2 triliun. Total liabilitas Perseroan juga meningkat menjadi sebesar Rp1,8 triliun. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp599,6 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2020 yang tercatat sebesar Rp92,4 miliar.

Dari sisi arus kas, Perseroan mencatat arus kas positif dari aktivitas operasi sebesar Rp959,2 miliar, arus kas negatif dari aktivitas investasi sebesar Rp836,3 miliar, dan arus kas positif dari aktivitas pendanaan sebesar Rp140,2 miliar. Dengan demikian, terdapat penambahan kas dan setara kas sebesar Rp3,8 miliar sehingga saldo kas dan setara kas Perseroan per 31 Desember 2021 tercatat menjadi sebesar Rp11,7 miliar.

Kebijakan Dividen HILL

Setelah IPO, Perseroan bermaksud akan membagikan dividen kas kepada pemegang saham Perseroan dalam jumlah sebanyak-banyaknya 80,0% dari laba bersih tahun buku 2021. Sebelumnya berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Pemegang Saham Perubahan Anggaran Dasar PT Hillcon No. 29 tanggal 31 Juli 2021 yang dibuat di hadapan Liestiani Wang, S.H., M.Kn., Perseroan telah membagikan dividen final tahun buku 2020 dalam bentuk saham berdasarkan Keputusan Di Luar Rapat Para Pemegang Saham Sebagai Pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan tanggal 30 Juli 2021 sebesar Rp37.700.000.000,- dan dividen interim atas tahun buku 2021 dalam bentuk saham berdasarkan Keputusan Direksi Perseroan tanggal 30 Juli 2021 dan telah disetujui oleh Dewan Komisaris berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris tanggal 30 Juli 2021 sebesar Rp206.400.000.000,-.

Untuk tahun selanjutnya, Perseroan bermaksud akan membagikan dividen kas kepada pemegang saham Perseroan dalam jumlah sebanyak-banyaknya 30,0% dari laba bersih tahun buku yang bersangkutan setelah melakukan pencadangan laba bersih sesuai ketentuan yang berlaku dan dengan memperhatikan keputusan para pemegang saham dalam RUPS. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama