Profil PT Sari Kreasi Boga Tbk (IDX: RAFI)

Saham Sari Kreasi Boga RAFI


Foto: Sari Kreasi Boga 

Investasimu.com. PT Sari Kreasi Boga Tbk (IDX: RAFI) didirikan berdasarkan Akta No. 29 tanggal 17 Juli 2017 yang dibuat di hadapan Notaris Mahendra Adinegara, S.H., M.Kn. di Jakarta. Sesuai dengan pasal 3 Anggaran Dasar, maksud dan tujuan Perseroan adalah bergerak dalam bidang pembangunan, pengembangan dan kontraktor, jasa, perdagangan, perindustrian, percetakan dan periklanan, pertanian, perbengkelan, dan pengangkutan. Pada saat ini, Perseroan bergerak di bidang penyediaan makanan/minuman dan waralaba serta penjualan bahan-bahan/persediaan sehubungan dengan waralaba tersebut.

Perseroan memulai kegiatan komersilnya sejak Tahun 2017, dengan menggunakan merek dagang Kebab Turki Baba Raffi, Countainer Kebab, Smokey Kebab, Sueger, Kebab Kitchen, Baba Rafi Cafe, Ayam Utuh, Jellyta, Raffi Express, dan Ayam Pul. Merek Dagang/Hak Patten tersebut sedang dalam proses pendaftaran untuk diterbitkan sertifikat dari Dirjen HAKI Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RepublikIndonesia, kecuali untuk merk dagang Baba Raffi, Ayam Pul, Ayam Utuh dan Kebab Kitchen.

Perseroan menjadi salah satu pionir bisnis waralaba di Indonesia dengan menu Kebab sebagai salah satu signature menu. Perseroan juga mengembangkan bisnis food supply yang membantu masyarakat untuk mulai berbisnis dengan kemitraan waralaba, jual beli bahan baku segar berupa sembako sampai dengan berbagai produk ikan segar.

Sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2021, Perseroan telah sukses membuka waralaba di seluruh kota besar yang ada di Indonesia untuk merek-merek yang telah dimilikinya Jumlah waralaba sebelum tahun 2018 dikategorikan sebagai bagian dari akuisisi bisnis yang masih berjalan hingga saat ini. Berdasarkan putusan pengadilan (PA) Jakarta Selatan No. 1773/Pdt.G/2017/PA mengenai pembagian wilayah operasional, dalam putusan itu, Hendy Setiono bersama perusahaannya di Surabaya mengelola merek Kebab Turki Babarafi dan Container Kebab by Babarafi wilayah timur. Sementara Nilamsari dengan nama perseroan PT Sari Kreasi Boga mengelola Kebab Turki Babarafi dan Container Kebab by Babarafi wilayah barat, meliputi Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan dan Jakarta sekitarnya (Jabodetabek). Sebanyak 881 outlet mitra waralaba merupakan hasil dari akusisi bisnis yang dilakukan oleh Perseroan. Hingga saat ini, ada 969 mitra waralaba yang telah bergabung bersama Perseroan.  

Sejak berdirinya di tahun 2017, Perseroan telah memiliki beberapa kegiatan usaha, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Waralaba Makanan & Minuman

Sejak berdiri hingga sekarang, Perseroan telah memiliki 10 merek usaha makanan dan minuman. Salah satu merek yang paling terkenal adalah Raffi Express & Kebab Turki Babarafi. Merek ini telah berdiri sejak tahun 2003 dan berhasil dikembangkan oleh Perseroan dengan berbaga tipe resto/outlet yang semuanya mengangkat tema masakan timur tengah (Kebab). Beberapa merek yang dikembangkan oleh Perseroan yaitu:

1. Kebab Turki Babarafi (Tahun 2003), Menjajakan Masakan Timur Tengah (Kebab, Canai, Burger, Syawarma);

2. Container Kebab by Babarafi (Tahun 2015), Menjajakan Masakan Timur Tengah & Rice Bowl (Kebab, Canai, Burger, Syawarma, Nasi Kebuli, Chicken Katsu & Karaage);

3. Smokey Kebab (Tahun 2018), Menjajakan Masakan Timur Tengah (Kebab dengan proses pengasapan, Canai, Burger, Syawarma);

4. Sueger (Tahun 2018), Menjajakan Minuman aneka rasa berbahan dasar susu segar;

5. Kebab Kitchen (Tahun 2019), Menjajakan Masakan Timur Tengah (Kebab, Canai, Burger, Syawarma) dengan konsep Cloud Kitchen/Virtual Kitchen;

6. Babarafi Cafe (Tahun 2020), Menjajakan Masakan Timur Tengah & kasual Indonesia;

7. Ayam Utuh (Tahun 2020), Menjajakan Daging Ayam Grill;

8. Jellyta (Tahun 2020), Menjajakan Minuman dengan topping jelly & boba;

9. Raffi Express (Tahun 2021), Menjajakan Rice Bowl Topping; dan

10. Ayam Pul (Tahun 2020), Menjajakan Daging Ayam Grill dengan konsep Virtual Kitchen. 

*Ayam Pul & Ayam Utuh baru akan dirilis di tahun 2022

2. Food Supply Bahan Baku & Sembako

Perseroan memiliki kegiatan usaha untuk mendistribusikan bahan baku baik berupa bahan olahan maupun bahan segar dari penyedia/supplier kepada mitra waralaba dan mitra distributor/stockist yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Perseroan membangun rantai distribusi supply bahan baku makanan kepada mitra waralaba yang telah bermitra dengan Perseroan. Perseroan menyediakan bahan baku olahan maupun non-olahan (segar) agar kualitas dan cita rasa dari makanan yang dijual oleh mitra waralaba tetap terjaga sesuai dengan standar prosedur yang telah dipatenkan oleh Perseroan. Dengan adanya potensi rantai distribusi yang telah dibangun oleh Perseroan, Perseroan dapat mengembangkan penjualan kepada pangsa pasar selain kepada mitra waralaba. 

Perseroan juga mendistribusikan bahan baku non-olahan (segar) kepada mitra waralaba yang dimiliki oleh Perseroan dan market konsumen di luar mitra waralaba, di antaranya hotel, restoran, café, traditional market, pemindangan, dan toko kelontong yang tersebar di area Jabodetabek dan seluruh Indonesia. Perseroan juga telah menyuplai kebutuhan sembako dan bahan baku segar ke beberapa perusahaan swasta besar seperti Astra dan beberapa perusahaan BUMN seperti Pelni, BPJS, dll yang ada di Indonesia. Dalam sektor penyediaan bahan baku Ikan Segar, pada tahun 2021, Perseroan melakukan Kerja Sama Operasional (Join Operation) dengan PT Aruna Jaring Nusantara (AJN), yang fokus bergerak di bidang perikanan laut di Indonesia. Produk ikan yang disediakan oleh Perseroan adalah ikan segar yang dibekukan langsung menggunakan teknologi ABF (Air Blast Freezer) atau yang biasa disebut ikan beku kapal.

Proses distribusi Perseroan untuk menyalurkan bahan baku baik olahan maupun non-olahan (segar) kepada market konsumen yang berada di wilayah area Gudang pusat Perseroan dilakukan secara langsung, sedangkan untuk market konsumen yang berada diluar wilayah area Gudang Pusat (luar kota/luar pulau Jawa) dibantu oleh Mitra Distributor/Stockist. Hingga saat ini terdapat 35 Mitra Distributor/ Stockist yang berlokasi di Jabodetabek, Bitung - Sulawesi Utara, Batam, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Solo, Kendari, Banten, Kalimantan Barat, Luwuk, Wamena, Cirebon, Yogyakarta, Lampung, Pati, Madiun, Makassar, dan Bangka Belitung. Dari keseluruhan stockist yang tersebar, 8 di antaranya adalah stockist milik Perseroan, dan yang lainnya bersifat kemitraan/joint operation.           

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Sari Kreasi Boga Tbk
KodeRAFI
Alamat KantorBeltway Office Park, Tower A lt.3, Jl. Ampera Raya RW2, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540, Indonesia
Alamat Emailcorporatesecretary@skbfood.id
Situswww.skbfood.id
Telepon(021) 7463 7390
Faks(021) 7463 7390
NPWP83.328.015.9-016.000
Tanggal IPO5 Ags 2022
Bidang Usaha UtamaPerdagangan dan Jasa
SektorBarang Konsumen Non-Primer
Sub SektorJasa Konsumen
IndustriPariwisata dan Rekreasi
Sub IndustriRumah Makan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama