Sekilas IPO PT Estee Gold Feet Tbk (EURO)

Profil Saham PT Estee Gold Feet Tbk EURO


Foto: Estee Gold Feet 

Investasimu.com. PT Estee Gold Feet Tbk (IDX: EURO) bergerak dalam bidang jasa aerosol. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di industri tersebut, jasa yang ditawarkan oleh Perseroan kepada pelanggan adalah jasa pengisian aerosol produk kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT), dan produk auto chemical. Selain itu, Perseroan juga memberikan jasanya sebagai penyedia jasa maklon (kontrak produksi) untuk sediaan Aerosol dan cairan untuk produk-produk kosmetik, produk PKRT dan produk produk auto chemical. Beberapa pelanggan Perseroan antara lain Mandom dan Lion Group. 

Data IPO EURO

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 500.000.000 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama (20% dari modal).
Nilai Nominal Rp5 per saham.
Harga IPO Rp60 sampai dengan Rp70.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp35.000.000.000,00

Bersamaan dengan IPO, Perseroan juga menawarkan sebanyak-banyaknya 500.000.000 Waran Seri I atau sebesar 25% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham dengan ketentuan setiap pemegang 1 (satu) Saham Yang Ditawarkan berhak memperoleh 1 (satu) Waran Seri I (Rasio Waran 1:1).

Pada prospektus final, harga final IPO EURO ditetapkan sebesar Rp70 per lembar saham dan harga pelaksanaan waran sebesar Rp100.

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO EURO ini yaitu Danatama Makmur Sekuritas (II).

Jadwal IPO EURO

Jadwal perkiraan IPO EURO yaitu sebagai berikut:

Masa Penawaran Awal : 20 Juli 2022 – 28 Juli 2022

Tanggal Efektif : 29 Juli 2022

Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 1 Agustus 2022 – 4 Agustus 2022

Tanggal Penjatahan : 4 Agustus 2022

Tanggal Distribusi Saham dan Refund Secara Elektronik : 5 Agustus 2022

Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I Pada Bursa Efek Indonesia : 8 Agustus 2022

Tanggal Perdagangan Waran Seri I : 8 Agustus 2022 – 9 Maret 2023

Tanggal Pelaksanaan Waran Seri I : 9 Februari 2023 – 9 Maret 2023

Jadwal IPO EURO dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus EURO

Susunan pengurus EURO yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Juliet Widjaja

Komisaris Independen : Andi Kurniawan Josdaan

Direksi

Direktur Utama : Johansen, Ngian

Direktur : David Adnan

Direktur : Lianny Andriani Hermawan

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham PT Estee Gold Feet Tbk EURO

Rencana Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja dan kegiatan operasional Perseroan (operating expenditure) antara lain gaji karyawan, pembelian bahan penunjang, kebutuhan kantor, bahan bakar, biaya listrik, air, dan kebutuhan pabrik lainnya.

Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I juga akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja Perseroan. 

Laporan Keuangan EURO Q1 2022

Perseroan berhasil membukukan kinerja positif di sepanjang kuartal I tahun 2022. Penjualan Perseroan tumbuh menjadi Rp6,7 miliar jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp5,2 miliar. Secara keseluruhan, Perseroan membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp2 miliar, meningkat jika dibandingkan raihan di kuartal I 2021 yang tercatat laba sebesar Rp1,1 miliar. Nilai laba per saham (earning per share - EPS) di kuartal I 2022 tercatat sebesar Rp0,23,-.

Per 31 Maret 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp21,9 miliar, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp21,6 miliar. Total liabilitas Perseroan juga meningkat menjadi sebesar Rp6,3 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp15,6 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp15,5 miliar.

Kebijakan Dividen EURO

Setelah dilaksanakannya IPO, Perseroan merencanakan pembayaran dividen kas minimum sebanyak-banyaknya 20% (dua puluh persen) dari laba bersih tahun berjalan untuk setiap tahunnya mulai dari tahun buku 2023, dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan keuangan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari RUPS Perseroan untuk menentukan lain sesuai dengan ketentuan anggaran dasar Perseroan. Perseroan berencana untuk membagikan dividen sekali setahun kecuali diputuskan lain dalam RUPS. Direksi Perseroan akan membagikan dividen, dengan persetujuan para pemegang saham dalam RUPS. Pembagian dividen akan dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi keuangan dan tingkat kesehatan Perseroan.

Riwayat pembagian dividen oleh Perseroan yakni pembagian dividen saham pada tanggal 24 Januari 2020 yang terdiri dari dividen tahunan untuk tahun buku 2019 sebesar Rp7,6 miliar dan dividen interim untuk tahun buku 2020 sebesar Rp27,2 juta.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama