Sekilas IPO PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB)

IPO Saham Toba Surimi Industries CRAB


Foto: Toba Surimi Industries 

Investasimu.com. PT Toba Surimi Industries Tbk (IDX: CRAB) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan laut olahan. Beberapa produk yang dihasilkan oleh Perseroan yaitu kepiting pasteurisasi, makanan laut steril, dan makanan laut beku. Produk Perseroan dipasarkan dengan menggunakan dua merek yaitu Toba Fish dan Toba Agro Health Food. 

Data IPO CRAB

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 390.000.000 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama (20% dari modal).
Nilai Nominal Rp50 per saham.
Harga IPO Rp100 sampai dengan Rp150.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp58.500.000.000,00

Pada prospektus final, harga final IPO CRAB ditetapkan sebesar Rp150 per lembar saham.

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO CRAB ini yaitu KGI Sekuritas Indonesia (HD).

Jadwal IPO CRAB

Jadwal perkiraan IPO CRAB yaitu sebagai berikut:

Masa Penawaran Awal : 20 – 25 Juli 2022;

Tanggal Efektif : 29 Juli 2022;

Masa Penawaran Umum : 2 – 8 Agustus 2022;

Tanggal Penjatahan : 8 Agustus 2022;

Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 9 Agustus 2022; dan

Tanggal Pencatatan Saham pada Bursa Efek Indonesia : 10 Agustus 2022.

Jadwal IPO CRAB  dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus CRAB

Susunan pengurus CRAB yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Direksi:

Direktur Utama : Gindra Tardy

Direktur : Irsan Sudargo

Direktur : Erman

Direktur : Kok Kieng

Direktur : Sia Leng Hong alias Tony S.

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama : Bintarna Tardy

Komisaris : Budi Satria Tardy

Komisaris Independen : Purnomo Darmowasito

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sebelum dan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham PT Toba Surimi Industries Tbk

Rencana Penggunaan Dana IPO CRAB

Dana yang diperoleh dari hasil IPO, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sekitar 94,53% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan antara lain namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji dan tunjangan karyawan, serta biaya operasional lainnya; dan
  2. sekitar 5,47% akan digunakan untuk belanja modal Perseroan dalam rangka ekspansi kapasitas produksi dengan pengadaan 5 (lima) unit kapal laut untuk penangkapan bahan baku utama Perseroan yaitu hasil laut dengan indikasi nilai pembelian sekitar Rp3,1 miliar.  

Laporan Keuangan CRAB Q1 2022

Perseroan membukukan kinerja positif di sepanjang kuartal I tahun 2022. Penjualan Perseroan tumbuh menjadi Rp135,9 miliar jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp111,4 miliar. Secara keseluruhan, Perseroan berhasil membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp2,9 miliar, meningkat jika dibandingkan raihan di kuartal I 2021 yang tercatat laba sebesar Rp1,1 miliar. Nilai laba per saham (earning per share - EPS) di kuartal I 2022 tercatat sebesar Rp2,-.

Per 31 Maret 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp363,5 miliar, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp289,4 miliar. Total liabilitas Perseroan juga meningkat menjadi sebesar Rp247,2 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp116,2 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp113,3 miliar.

Kebijakan Dividen CRAB

Setelah IPO, Perseroan untuk setiap tahunnya berencana membayarkan dividen tunai kepada pemegang saham Perseroan dengan rasio sebanyak-banyaknya 30% (tiga puluh persen) dari laba bersih tahun berjalan yang dimulai dari tahun buku 2022 setelah menyisihkan untuk cadangan wajib (sebesar 20,00% dari modal ditempatkan dan disetor), dengan tidak mengabaikan tingkat kesehatan keuangan Perseroan dan tanpa mengurangi hak dari Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan untuk menentukan lain sesuai dengan anggaran dasar Perseroan. Sejak berdiri tahun 1997 sampai dengan saat ini, Perseroan belum melakukan pembagian dividen.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama