Indeks PEFINDO i-Grade: Data dan Grafik Indeks I-GRADE

Data Indeks PEFINDO I-GRADE

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks PEFINDO i-Grade (I-GRADE) adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham perusahaan tercatat yang memiliki peringkat investment grade dari PEFINDO (idAAA hingga idBBB-) yang berkapitalisasi pasar paling besar. Indeks PEFINDO i-Grade diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Indeks PEFINDO i-Grade diluncurkan pada tanggal 21 Desember 2017 dengan tanggal dasar 28 Desember 2012 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks PEFINDO i-Grade mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 20%. 

Penentuan Saham dalam Indeks PEFINDO i-Grade

Pemilihan saham yang menjadi konstituen Indeks PEFINDO i-Grade dilakukan dengan memilih 30 saham dari saham-saham yang setidaknya memiliki satu instrumen utang yang memiliki rating dari PEFINDO dengan mempertimbangkan kriteria berikut:

  1. Rating Perusahaan;
  2. Aspek Legal;
  3. Kapitalisasi Pasar; dan
  4. Likuiditas.  

Jadwal reviu periodik atas Indeks PEFINDO i-Grade dilakukan pada bulan Juni dan Desember (reviu mayor) dan pada bulan Maret dan September (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks PEFINDO i-Grade dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks PEFINDO i-Grade

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama