Indeks PEFINDO25: Data dan Grafik Indeks PEFINDO25

Data Indeks PEFINDO25

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks PEFINDO25 adalah indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat kecil dan menengah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi. Indeks PEFINDO25 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Indeks PEFINDO25 diluncurkan pada tanggal 18 Mei 2009 dengan tanggal dasar 29 Desember 2005 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks PEFINDO25 mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks PEFINDO25

Pemilihan saham dalam Indeks PEFINDO25 pada awalnya dilakukan dengan memilih saham-saham yang memenuhi kriteria berikut:

  1. Total aset tidak lebih dari Rp10 triliun;
  2. Aspek Legal: Tidak dikenai UMA atau suspensi selama 6 bulan terakhir dan telah tercatat di bursa minimal selama 6 bulan terakhir.

Pemilihan saham yang menjadi konstituen Indeks PEFINDO25 dilakukan dengan memilih 25 saham dengan mempertimbangkan kriteria berikut:

  1. Aspek Bisnis: ROA dan ROI; dan
  2. Aspek Perdagangan: Jumlah hari perdagangan, volume, nilai, dan frekuensi perdagangan harian, dan free float.  

Jadwal reviu periodik atas Indeks PEFINDO25 dilakukan pada bulan Januari dan Juli (reviu mayor) dan pada bulan April dan Oktober (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks PEFINDO25 dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks PEFINDO25

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama