Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI: Data dan Grafik Indeks ESGQKEHATI

Data Indeks ESGQKEHATI

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI (ESGQKEHATI) adalah indeks yang berisikan 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kualitas keuangan perusahaan serta memiliki likuiditas yang baik. Indeks ESGQKEHATI diluncurkan dan dikelola bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI). Indeks ESGQKEHATI diluncurkan pada tanggal 20 Desember 2021 dengan tanggal dasar 1 Juni 2016 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks ESGQKEHATI mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks ESGQKEHATI

Pemilihan saham dalam Indeks ESGQKEHATI pada awalnya dilakukan dengan memilih saham-saham yang menjadi konstituen IHSG dan memenuhi kriteria berikut:

  1. Kriteria finansial dan likuiditas: total aset > Rp1 triliun, tidak membukukan laba negatif selama 3 tahun berturut-turut, kapitalisasi pasar > Rp1 triliun, telah tercatat minimal selama 1 tahun, free float >= 10%, dan termasuk top 33% nilai transaksi; dan
  2. Kriteria Negative List Usaha: bisnis inti perusahaan tidak dalam cakupan negative list yakni pestisida, nuklir, persenjataan, tembakau, alkohol, pornografi, perjudian, dan modifikasi genetika makhluk hidup.   

Saham-saham tersebut kemudian dipilih dengan mempertimbangkan kriteria atau faktor sebagai berikut.

  1. Memiliki skor ESG di atas batas minimal (75%); dan
  2. Lolos ESG Controversy Screening (25%).         

Pemilihan saham yang menjadi konstituen Indeks ESGQKEHATI dilakukan dengan memilih 45 saham dengan kombinasi skor ESG dan skor kualitas tertinggi. Skor kualitas dihitung dengan melakukan penilaian atas 3 variabel:

  1. Profitabilitas: ROE;
  2. Solvabilitas: DER; dan
  3. Variabilitas Laba: Pertumbuhan EPS selama 5 tahun terakhir.  

Jadwal reviu periodik atas Indeks ESGQKEHATI dilakukan pada bulan Mei dan November (reviu mayor) dan pada bulan Februari dan Agustus (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks ESGQKEHATI dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks ESGQKEHATI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama