Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI: Data dan Grafik Indeks ESGSKEHATI

Data Indeks ESGSKEHATI

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI (ESGSKEHATI) adalah indeks yang berisikan saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya serta memiliki likuiditas yang baik. Klasifikasi industri mengacu kepada IDX Industrial Classification (IDX-IC). Indeks ESGSKEHATI diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI). Indeks ESGSKEHATI diluncurkan pada tanggal 20 Desember 2021 dengan tanggal dasar 1 Juni 2016 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks ESGSKEHATI mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks ESGSKEHATI

Pemilihan saham dalam Indeks ESGSKEHATI pada awalnya dilakukan dengan memilih saham-saham yang menjadi konstituen IHSG dan memenuhi kriteria berikut:

  1. Kriteria finansial dan likuiditas: total aset > Rp1 triliun, tidak membukukan laba negatif selama 3 tahun berturut-turut, kapitalisasi pasar > Rp1 triliun, telah tercatat minimal selama 1 tahun, free float >= 10%, dan termasuk top 33% nilai transaksi; dan
  2. Kriteria Negative List Usaha: bisnis inti perusahaan tidak dalam cakupan negative list yakni pestisida, nuklir, persenjataan, tembakau, alkohol, pornografi, perjudian, dan modifikasi genetika makhluk hidup.   

Saham-saham tersebut kemudian dipilih dengan mempertimbangkan kriteria atau faktor sebagai berikut.

  1. Memiliki skor ESG di atas batas minimal (75%); dan
  2. Lolos ESG Controversy Screening (25%).         

Pemilihan saham yang menjadi konstituen Indeks ESGSKEHATI dilakukan dengan memilih saham-saham dengan skor ESG di atas rata-rata untuk masing-masing sektor.  

Jadwal reviu periodik atas Indeks ESGSKEHATI dilakukan pada bulan Mei dan November (reviu mayor) dan pada bulan Februari dan Agustus (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks ESGSKEHATI dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks ESGSKEHATI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama