Indeks SRI-KEHATI: Data dan Grafik Indeks SRI-KEHATI

Data Indeks SRI-KEHATI

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks SRI-KEHATI adalah indeks yang mengukur kinerja harga saham dari 25 perusahaan tercatat yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks SRI-KEHATI diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI). Indeks SRI-KEHATI diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2009 dengan tanggal dasar 28 Desember 2006 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks SRI-KEHATI mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks SRI-KEHATI

Pemilihan saham dalam Indeks SRI-KEHATI pada awalnya dilakukan dengan memilih saham-saham yang menjadi konstituen IHSG dan memenuhi kriteria berikut:

  1. Kriteria finansial dan likuiditas: total aset, laba bersih, kapitalisasi pasar, telah tercatat minimal selama 1 tahun, free float, dan nilai transaksi; dan
  2. Kriteria Negative List Usaha: bisnis inti perusahaan tidak dalam cakupan negative list yakni pestisida, nuklir, persenjataan, tembakau, alkohol, pornografi, perjudian, modifikasi genetika makhluk hidup, dan pertambangan batu bara.   

Saham-saham tersebut kemudian dipilih dengan mempertimbangkan kriteria atau faktor sebagai berikut.

  1. Memiliki skor ESG di atas batas minimal; dan
  2. Lolos ESG Controversy Screening.         

Pemilihan saham yang menjadi konstituen Indeks SRI-KEHATI dilakukan dengan memilih 25 saham dengan skor ESG tertinggi oleh komite indeks dengan mempertimbangkan:

  1. Konsentrasi sektor usaha;
  2. Perputaran konstituen; dan
  3. Faktor lainnya yang dianggap penting. 

Jadwal reviu periodik atas Indeks SRI-KEHATI dilakukan pada bulan Mei dan November (reviu mayor) dan pada bulan Februari dan Agustus (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks SRI-KEHATI dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks SRI-KEHATI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama