Indeks SMinfra18: Data dan Grafik Indeks SMINFRA18

Data Indeks SMINFRA18

Foto: Ilustrasi Indeks 

Investasimu.com. Indeks SMINFRA18 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor­sektor infrastruktur, penunjang infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur (dari sektor perbankan) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Indeks SMinfra18 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI). Indeks SMINFRA18 diluncurkan pada tanggal 31 Januari 2013 dengan tanggal dasar 30 Desember 2004 dan nilai dasar sebesar 100. Metode penghitungan Indeks SMINFRA18 mengikuti metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighted Average dengan capping sebesar 15%. 

Penentuan Saham dalam Indeks SMINFRA18

Pemilihan saham dalam Indeks SMINFRA18 pada awalnya dilakukan dengan memilih saham-saham yang menjadi konstituen IHSG dan telah tercatat minimal selama 6 bulan dan berada pada:

  1. sektor infrastruktur utama berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 100/PMK.010/2009;
  2. sektor lain yang mendukung perkembangan infrastruktur seperti konstruksi, semen, baja, alat berat, dan lainnya; dan
  3. sektor keuangan: perbankan yang memenuhi kriteria memiliki jumlah aset paling sedikit Rp500 triliun dan memiliki portofolio infrastruktur minimal 5% dari total portofolio pembiayaan. 

Saham-saham yang menjadi anggota Indeks SMINFRA15 kemudian dipilih dengan mempertimbangkan kriteria atau faktor sebagai berikut.

  1. Faktor fundamental sebagai kriteria dasar pemilihan dan kontribusinya terhadap perkembangan infrastruktur di Indonesia;
  2. Aktivitas transaksi meliputi nilai dan volume transaksi, jumlah hari perdagangan, kapitalisasi pasar, dan rasio free float; dan
  3. Tata kelola (GCG) perusahaan.         

Jadwal reviu periodik atas Indeks SMINFRA18 dilakukan pada bulan April dan Oktober (reviu mayor) dan pada bulan Januari dan Juli (reviu minor).

Daftar saham yang termasuk ke dalam Indeks SMINFRA18 dapat Anda akses melalui laman Bursa sebagai berikut.    

Pergerakan Grafik Indeks SMINFRA18

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama