Pengaruh Harga Batu Bara Acuan Terhadap Harga Saham Perusahaan Batu Bara

Harga Batu Bara Acuan dan Harga Saham Emiten Batu Bara


Investasimu.comBanyak orang berpendapat bahwa harga batu bara acuan memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan batu bara. Untuk membuktikannya, dalam video ini kami berusaha menganalisis pengaruh tersebut dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan mengambil studi kasus pengaruh harga Indonesian Coal Index 4 (ICI 4) terhadap harga saham BSSR (Baramulti Suksessarana).


Kami menggunakan data harga ICI 4 dan harga saham BSSR secara mingguan dari bulan Maret 2018 s.d. September 2022. Dengan mengasumsikan bahwa pengujian dan asumsi lainnya yang dibutuhkan telah terpenuhi, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat hubungan yang berbanding lurus antara harga ICI 4 dengan harga saham BSSR. Apabila harga mingguan ICI 4 meningkat, maka harga saham BSSR secara mingguan juga meningkat, begitu pula sebaliknya.
  2. Setiap perubahan $1 harga ICI 4 mengakibatkan perubahan harga saham BSSR secara mingguan sebesar Rp24,4.
  3. Meski demikian, variabel harga mingguan ICI 4 hanya mampu menjelaskan 44,63% variasi perubahan harga saham BSSR secara mingguan. Sementara itu, 55,37% variasi perubahan harga saham BSSR secara mingguan dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel harga ICI 

Anda juga dapat menggunakan analisis regresi linier sederhana ini untuk mengetahui pengaruh variabel lain (variabel independen) terhadap variabel lainnya (variabel dependen).

Patut dipahami bahwa informasi ini kami sajikan secara "as is" dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tanpa ada tendensi untuk mempengaruhi keputusan keuangan Anda. Kami bukan penasihat keuangan sehingga keputusan finansial yang Anda lakukan merupakan keputusan dan tanggung jawab Anda secara pribadi.

Dapatkan pula informasi dan berita saham terupdate melalui kanal Google News kami.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama