Tahap Pertama dan Terpenting dalam Analisis Laporan Keuangan

Langkah Penting dalam Analisis Laporan Keuangan


Investasimu.comAnalisis atas laporan keuangan banyak digunakan dalam analisis saham. Dengan membedah laporan keuangan emiten, kita berharap dapat mengetahui nilai sesungguhnya dari saham tersebut sebagai dasar keputusan investasi kita. Analisis yang dilakukan dapat berupa analisis vertikal, analisis horizontal, analisis rasio, maupun analisis prospektif.

Meski demikian, banyak dari kita ketika melakukan analisis laporan keuangan langsung berfokus pada penghitungan ukuran-ukuran analisis, seperti berapa nilai buku per saham (PBV) atau laba per saham (EPS). Lebih jauh, tidak sedikit dari kita yang langsung menggunakan satu atau beberapa ukuran tersebut sebagai pertimbangan utama untuk memutuskan apakah saham tersebut layak dibeli atau tidak.

Perlu dipahami bahwa analisis laporan keuangan yang dilakukan dengan hanya langsung berfokus pada penghitungan ukuran tertentu dapat menghasilkan kesimpulan yang keliru. Terdapat langkah utama dan terpenting yang harus dilakukan ketika kita akan melakukan analisis atas laporan keuangan. Video berikut menjelaskan tahap apa yang harus dilakukan agar hasil analisis menjadi lebih solid dan meminimalkan potensi penarikan kesimpulan yang keliru. 


Patut dipahami bahwa informasi ini kami sajikan secara "as is" dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tanpa ada tendensi untuk mempengaruhi keputusan keuangan Anda. Kami bukan penasihat keuangan sehingga keputusan finansial yang Anda lakukan merupakan keputusan dan tanggung jawab Anda secara pribadi.

Dapatkan pula informasi dan berita saham terupdate melalui kanal Google News kami.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama