Aturan 72 dan Contoh Penerapannya dalam Investasi

Aturan 72 dan Contohnya dalam Investasi

Investasimu.com. Aturan 72 (Rule of 72) merupakan formula sederhana yang dapat membantu kita dalam berinvestasi. Disebut sebagai aturan 72 karena rumus ini melibatkan angka 72 sehingga mudah diingat dan diimplementasikan. Lalu bagaimana aturan 72 dapat berguna bagi investasi kita?

Dengan menggunakan Aturan 72, kita dapat dengan mudah memperkirakan jangka waktu atau tingkat imbal hasil (return) yang dibutuhkan agar nilai investasi kita meningkat menjadi dua kali lipat. Sebagai contoh ketika Anda berinvestasi sebesar Rp100 juta, Aturan 72 dapat Anda gunakan untuk:

  1. menghitung jangka waktu yang dibutuhkan agar investasi Anda meningkat menjadi dua kali lipat (Rp200 juta); dan
  2. tingkat imbal hasil yang dibutuhkan agar investasi Anda meningkat menjadi dua kali lipat (Rp200 juta).

Video ini menjelaskan secara detail Aturan 72, rumus, dan contoh penerapannya. Selain itu, video ini juga menjelaskan kelebihan dan kelemahan yang terkandung dalam Aturan 72.  


Patut dipahami bahwa informasi ini kami sajikan secara "as is" dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tanpa ada tendensi untuk mempengaruhi keputusan keuangan Anda. Kami bukan penasihat keuangan sehingga keputusan finansial yang Anda lakukan merupakan keputusan dan tanggung jawab Anda secara pribadi.

Dapatkan pula informasi dan berita saham terupdate melalui kanal Google News kami.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama