Membuat Model Prediksi Harga Saham dengan Menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda

Prediksi Harga Saham dengan Analisis Regresi Linier Berganda

Investasimu.com. Pada kesempatan ini, kami menyajikan cara memprediksikan harga saham perusahaan berdasarkan dua variabel atau lebih yang telah ditentukan. Dalam penyusunan model prediksi harga saham, kami menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan mengambil studi kasus pengaruh harga Indonesian Coal Index 4 (ICI 4) dan harga saham MBAP (Mitrabara Adiperdana) terhadap harga saham BSSR (Baramulti Suksessarana).



Kami menggunakan data harga ICI 4, harga saham MBAP, dan harga saham BSSR secara mingguan dari bulan Maret 2018 s.d. September 2022. Dengan mengasumsikan bahwa pengujian dan asumsi lainnya yang dibutuhkan telah terpenuhi, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat hubungan yang berbanding lurus antara harga ICI 4 dan harga saham MBAP dengan harga saham BSSR. Apabila harga mingguan ICI 4 atau harga saham MBAP secara mingguan meningkat, maka harga saham BSSR secara mingguan juga meningkat, begitu pula sebaliknya.
  2. Setiap perubahan $1 harga mingguan ICI 4 mengakibatkan perubahan harga saham BSSR secara mingguan sebesar Rp7,3.
  3. Setiap perubahan harga saham MBAP secara mingguan sebesar Rp100 mengakibatkan perubahan harga saham BSSR secara mingguan sebesar Rp36.
  4. Variabel harga mingguan ICI 4 dan saham MBAP mampu menjelaskan 71,43% variasi perubahan harga saham BSSR secara mingguan. 

Video ini hanya disusun sebagai contoh untuk memudahkan Anda menyusun model prediksi saham dengan menggunakan regresi linier berganda. Patut dipahami bahwa informasi ini kami sajikan secara "as is" dan hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum tanpa ada tendensi untuk mempengaruhi keputusan keuangan Anda. Kami bukan penasihat keuangan sehingga keputusan finansial yang Anda lakukan merupakan keputusan dan tanggung jawab Anda secara pribadi.

Dapatkan pula informasi dan berita saham terupdate melalui kanal Google News kami.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama