Sekilas IPO PT Venteny Fortuna International Tbk (VTNY)

IPO Saham Venteny


Foto: Venteny 

Investasimu.com. PT Venteny Fortuna International Tbk (IDX: VTNY) adalah perusahaan yang membangun sebuah ekosistem employee super-app yakni Venteny untuk menyelenggarakan beberapa layanannya, seperti Program Teknologi Keuangan (V-Nancial), Program Asuransi Berbasis Teknologi (VENTENY Insurance & Protection Program) atau “VIP”, Program Keuntungan Karyawan (V-Merchant), dan Program Pendidikan Berbasis Teknologi (V-Academy).  

Data IPO Saham VTNY

Data jumlah saham yang ditawarkan, harga IPO, dan total perkiraan dana IPO disajikan dalam tabel berikut.

Informasi Keterangan
Jumlah Saham IPO Sebanyak-banyaknya sebesar 939.779.100 lembar saham baru yang merupakan saham biasa atas nama (15% dari modal).
Nilai Nominal Rp5 per saham.
Harga IPO Rp350 sampai dengan Rp450.
Total Hasil IPO Sebanyak-banyaknya sebesar Rp422.900.595.000,00

Perseroan mengadakan Program Employee Stock Allocation (“ESA”) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 1.000.000 saham biasa atas nama atau sekitar 0,11% dari Saham Yang Ditawarkan pada saat Penawaran Umum Saham Perdana untuk program ESA saham kepada karyawan. Perseroan juga telah menyetujui pelaksanaan Program Management and Employee Stock Option Plan (“MESOP”) dengan jumlah sebanyak-banyaknya sebesar 532.541.400 saham biasa atas nama atau sebanyak-banyaknya 7,83% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham, Pelaksanaan ESA, dan Pelaksanaan MESOP. 

Adapun Penjamin Pelaksana Emisi Efek atas IPO Saham VTNY ini yaitu Surya Fajar Sekuritas (SF), BRI Danareksa Sekuritas (OD), dan Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP).

Jadwal IPO Saham VTNY

Jadwal perkiraan IPO Saham VTNY yaitu sebagai berikut:

Masa Penawaran Awal : 21 – 29 November 2022

Prakiraan Tanggal Efektif Pernyataan Pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan : 2 Desember 2022

Prakiraan Masa Penawaran Umum : 6 – 12 Desember 2022

Prakiraan Tanggal Penjatahan : 12 Desember 2022

Prakiraan Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik : 13 Desember 2022

Prakiraan Tanggal Pencatatan Efek di Bursa Efek Indonesia : 14 Desember 2022

Jadwal IPO Saham VTNY dan IPO perusahaan lainnya dapat Anda akses melalui Kalender IPO.

Susunan Pengurus 

Susunan pengurus Saham VTNY yang meliputi Dewan Komisaris dan Direksi adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Chandra Firmanto

Komisaris : Katsuya Kitano

Komisaris Independen : Iwanho

Direksi

Direktur Utama : Junichiro Waide

Direktur : Damar Raditya

Direktur : Windy Johan

Sementara itu, susunan pemegang saham Perseroan sebelum dan sesudah IPO ditunjukkan pada gambar berikut.

Susunan Pemegang Saham VTNY

Rencana Penggunaan Dana IPO

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan oleh Perseroan untuk:

  1. Sekitar 42% akan digunakan sebagai pemberian pinjaman kepada Entitas Anak Perseroan, yaitu PT Venteny Matahari Indonesia (VMI), untuk dijadikan sebagai modal kerja bisnisnya dalam menjadi pemberi dana kepada Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) sebagaimana merupakan kegiatan usaha utama VMI semenjak didirikan untuk memajukan industri UMKM dan tenaga kerja di Indonesia.
  2. Sekitar 30 % akan digunakan untuk pengembangan bisnis yang terdiri dari: (1) Sekitar 40% untuk pengembangan sistem informasi teknologi Perseroan, terutama untuk pengembangan Super-app Perseroan seperti reimbursement, uang elektronik dan dompet elektronik serta fitur - fitur lainnya sesuai dengan hasil riset dan pengembangan di masa mendatang. Perseroan juga akan melakukan pengembangan berbasis data, pengembangan dan pengimplementasian Artificial Intelligence (AI), big data, dan penguatan fitur atas produk yang Perseroan miliki saat ini; (2) Sekitar 30% untuk product development serta riset dan pengembangan untuk Exclusive Members bisnis B2B2E serta karyawan pada umumnya seperti Learning Management System (LMS), Invoicing System, Point of Sales (POS) dan produk lainnya yang sedang dalam tahap riset; (3) Sekitar 30% untuk ekspansi geografis untuk mendukung rencana pengembangan Perseroan melalui pembukaan representative office terutama di luar pulau Jawa seperti Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, dan Bali untuk menjangkau karyawan dan perusahaan, terutama UMKM, guna memperluas layanan Perseroan. Selain itu, Perseroan juga berencana untuk melakukan pengembangan ke wilayah luar Indonesia, terutama ke wilayah Asia Tenggara, serta ke Kawasan lain di Asia.
  3. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja yang terdiri dari: (1) Sekitar 50% untuk organization development, terutama dengan penguatan dan penambahan sumber daya manusia Perseroan, terutama untuk tenaga kerja di bidang IT (pengembangan produk dan aplikasi), sales & marketing (untuk memperluas cakupan bisnis Perseroan), dan tim support/administrasi seiring dengan ekspansi yang akan dilakukan Perseroan; dan (2) Sekitar 50% untuk pemasaran dan brand development untuk meningkatkan awareness dan operasional Perseroan, diantara lain melalui advertisement serta promosi melalui aktivitas periklanan yang memiliki jangkauan yang luas ATL (Above the Line) & melalui aktivitas periklanan yang lebih spesifik, mudah diingat serta langsung fokus pada target pasar BTL (Below the Line).  

Laporan Keuangan Saham VTNY Hingga Juni 2022

Perseroan membukukan kinerja positif di sepanjang enam bulan pertama tahun 2022. Pendapatan Perseroan hingga 30 Juni 2022 tercatat sebesar Rp29,2 miliar, tumbuh jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp17,1 miliar. Secara keseluruhan, Perseroan berhasil membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp3 miliar, meningkat jika dibandingkan raihan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat rugi sebesar Rp211,3 juta. EPS Perseroan hingga Juni 2022 tercatat sebesar Rp13. 

Per 30 Juni 2022, Perseroan tercatat memiliki total aset sebesar Rp354,5 miliar, meningkat jika dibandingkan total aset per 31 Desember 2021 yang sebesar Rp241,9 miliar. Total liabilitas Perseroan meningkat menjadi sebesar Rp273,8 miliar. Dus, ekuitas Perseroan menjadi sebesar Rp80,6 miliar, meningkat jika dibandingkan nilai per 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp33,1 miliar.

Dari sisi arus kas, hingga 30 Juni 2022 Perseroan membukukan arus kas bersih dari aktivitas operasi sebesar (Rp78,2 miliar), arus kas bersih dari aktivitas investasi sebesar (Rp3 miliar), dan arus kas bersih dari aktivitas pendanaan sebesar Rp93,3 miliar. Dengan demikian terdapat peningkatan kas dan setara kas sebesar Rp12 miliar dan saldo kas dan setara kas Perseroan per tanggal 30 Juni 2022 tercatat sebesar Rp38,7 miliar.

Kebijakan Dividen Saham VTNY

Manajemen Perseroan merencanakan kebijakan pembagian dividen kas sebanyak-banyaknya 30% (tiga puluh persen) dari laba bersih setelah menyisihkan cukup cadangan, dengan tidak mengurangi hak Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan untuk menentukan lain sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan. Kebijakan dividen ini akan berlaku sehubungan dengan laba bersih Perseroan setelah pajak untuk tahun buku yang berakhir 2021 dan seterusnya. Sepanjang Perseroan memutuskan untuk membagikan dividen, dividen akan dibayarkan dalam Rupiah. Setelah Penawaran Umum Perdana Saham, Perseroan tidak akan dibatasi oleh perjanjian pinjaman mana pun yang ada sehubungan dengan pembagian dividen.

Hingga saat ini, Perseroan belum pernah membagikan dividen mengingat Perseroan baru didirikan pada tahun 2021 dan masih membutuhkan laba yang dihasilkan untuk menjalani bisnis Perseroan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama