Profil PT Hatten Bali Tbk (IDX: WINE)

Saham WINE


Foto: Hatten Bali 

Investasimu.com. PT Hatten Bali Tbk (IDX: WINE) didirikan di Bali berdasarkan Akta Notaris No. 90, tanggal 15 April 2000, dibuat dihadapan I Putu Chandra, S.H Notaris di Denpasar. Sebagaimana tercantum dalam anggaran dasar Perseroan, ruang lingkup kegiatan utama Perseroan adalah perdagangan besar minuman beralkohol, perdagangan besar minum non alkohol bukan susu, restoran, bar, pendidikan lainnya swasta. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2003.

Perseroan adalah sebuah Perusahaan yang didirikan oleh Ida Bagus Rai Budarsa pada tahun 2000. Pada saat didirikan Perseroan baru membuat satu produk yaitu dengan merk “ROSÉ” yang dibuat dari varietas anggur asli Bali - Alphonse Lavallée. Filosofi dari Perseroan adalah untuk menempatkan anggur lokal (Bali – Indonesia) di peta global dimana anggur dari hasil bumi Indonesia mampu bersaing dengan anggur dari luar negeri dalam hal membuat wine.

Ida Bagus Rai Budarsa merupakan seorang putra Bali yang bermimpi untuk bisa menyandingkan wine buatan Eropa dengan wine buatan dalam negeri. Berasal dari keluarga pembuat brem dan arak terkemuka di Bali, yang didirikan oleh sang ayah Ida Bagus Oka Gotama sejak tahun 1968 dengan Merk “Dewi Sri”, Ida Bagus Rai Budarsa mencoba peruntungannya untuk membuat wine, sehingga pada tahun 1992 mulai mencoba untuk memproduksi wine dengan menggunakan anggur lokal menggunakan anggur hitam lokal Bali dengan jenis Alphones-Lavalleé. Pada tahun 1994 berdirilah pabrik wine pertama di Bali dan mengembangkan jenis anggur lokal untuk diproduksi menjadi wine, kemudian pada tahun 1996 berdiri PT Arpan Bali Utama (Perusahaan Anak) dengan maksud dan tujuan untuk memperkenalkan cita rasa anggur Bali ke hotel dan restoran di seluruh Indonesia. 

Saat ini, Perseroan memiliki beberapa varian wine yaitu Aga White, Sweet Alexandria, Aga Rosé, Aga Red, Sweet Syrah, Tunjung Brut Sparkling, Jepun Sparkling Rosé, Pino De Bali, Bali White, Bali Rosé , Bali Red dan lainnya. Adapun selain wine Perseroan juga mendistribusikan arak dan brem Bali yang berasal dari afiliasi Perseroan dengan merek “Dewi Sri”.

Hatten Wines memiliki perkebunan yang terletak sepanjang pantai utara Bali dan menggunakan anggur hitam lokal jenis Alphones-Lavalleé, French table grapes, serta anggur putih lokal - Belgia dan Probolinggo Biru. Anggur-anggur ini memungkinkan Hatten Wines berproduksi sepanjang tahun karena tidak ada periode "tidur" di iklim tropis seperti halnya di Eropa. Untuk menambah kekuatan rasa dan kualitas maka Perseroan merekrut seorang winemaker asal Australia yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam untuk turut mengelola pabrik Hatten Wines di Sanur. Kolaborasi solid antara winemaker Australia dengan owner Bali ini telah melahirkan wine yang unik dan memiliki citra rasa yang khas.

PT Arpan bali Utama, Perusahaan Anak Perseroan, adalah perusahaan pengolahan wine. Untuk produk yang dihasilkan Perusahaan Anak, bahan baku utama adalah buah anggur yang berasal dari perkebunan Perusahaan Anak maupun dibeli dari petani anggur. Sementara untuk lini produk Two Islands dan Dragonfly bahan baku utama adalah jus anggur yang diimpor dari Australia. 

Kebun anggur Perusahaan Anak tersebar di antara desa Seririt dan Sanggalangit di pantai utara Bali di atas lahan total seluas 24,5 ha, dengan tanah vulkanik yang kaya sempurna untuk mendukung tiga siklus pertumbuhan Anggur per tahun serta didukung oleh angin laut yang sejuk membantu memediasi iklim panas dan lembab. Kebun Perusahaan Anak berada diposisi ketinggian 50 mdpl, dengan garis lintang -8,4º, memiliki temperature 35ºc dinilai sangat cocok untuk perkebunan Anggur sehingga menghasilkan rasa unik dan cita rasa yang berbeda. Perusahaan Anak juga mengelola kebun anggur yang terletak di atas lahan yang disewa dan melalui Kerjasama / kemitraan.

Perseroan memiliki partner dan agent/distributor yang sangat terpercaya yang tersebar di kota-kota dan provinsi di Indonesia seperti di Surabaya, Maumere, Labuan Bajo, Kupang, Serui, Merauke, Timika, Lombok, Palangkaraya, Biak, Kendari, Makasar, Palu, Manado, Flores, Sorong, Ambon Balikpapan, Pontianak dan Sumba. Perseroan juga memiliki gudang persediaan untuk mendukung kegiatan usahanya di Bali dan Jakarta.

Selain itu, Program kelas Perseroan telah diakui oleh badan pendidikan wine internasional, Wine & Spirit Education Trust (WSET and WSET Awards). Hatten Education Center menyediakan program kelas pelatihan, mulai dari pengetahuan dasar wine, apresiasi wine, pencocokan antara wine dan makanan, program sommelier, alat manajemen restoran, pengelolaan dan perkembangan wine, serta sertifikat internasional dalam pengetahuan wine dari WSET dari Inggris.   

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Hatten Bali Tbk
KodeWINE
Alamat KantorHatten Wines Building, Jl. Bypass Ngurah Rai No. 393, Sanur, Bali, Indonesia
Alamat Emailcorsec@hattenwines.com
Situswww.hattenbali.co.id
Telepon(0361) 472 1377
Faks(0361) 472 1277
NPWP01.914.328.8-904-000
Tanggal IPO10 Jan 2023
Bidang Usaha UtamaPerseroan bergerak dalam bidang usaha Distribusi Minuman Beralkohol dan Pengolahannya melalui Perusahaan Anak
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriMinuman
Sub IndustriMinuman Keras


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama