Aset Riil dan Aset Keuangan

 

Real Asset dan Financial Asset

Investasimu.com. Apa yang dimaksud dengan investasi? Secara sederhana, investasi merupakan suatu bentuk pengorbanan atas sumber daya yang dimiliki saat ini, misalnya berupa uang atau sumber daya ekonomi lainnya dengan harapan pengorbanan tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan. Sebagai contoh, Anda mungkin berkorban untuk tidak membelanjakan seluruh penghasilan Anda saat ini dan memilih untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membeli Obligasi Negara dengan harapan tindakan Anda membeli Obligasi Negara tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan. Dalam contoh tersebut, Anda telah menginvestasikan sebagian penghasilan Anda pada aset berupa Obligasi Negara.

Dalam investasi, kita perlu mengenal salah satu jenis pengklasifikasian aset, yaitu aset riil (real asset) dan aset keuangan (financial asset). Aset riil merupakan salah satu bentuk aset yang mampu meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat, seperti tanah, bangunan, mesin pabrik, dan pengetahuan yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sementara itu, aset keuangan seperti saham dan obligasi tidak secara langsung berkontribusi pada peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat tetapi merupakan suatu bentuk klaim atas keuntungan yang dihasilkan oleh aset riil (atau keuntungan yang dihasilkan oleh pihak lain). 

Untuk memudahkan pemahaman, anggaplah terdapat suatu perusahaan minuman yang berniat untuk membeli mesin baru untuk meningkatkan kapasitas produksi minuman mereka. Untuk membiayai pembelian mesin, perusahaan tersebut menerbitkan saham baru yang kemudian ditawarkan kepada masyarakat. Dalam kasus ini, mesin baru merupakan bentuk aset riil karena dapat meningkatkan kapasitas produksi minuman yang selanjutnya menambah keuntungan perusahaan. Sementara itu, saham baru yang diterbitkan oleh perusahaan minuman merupakan bentuk aset keuangan karena memberikan klaim kepada pemiliknya atas keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan dari pengoperasian aset riil berupa mesin baru. 

Dalam dunia investasi, salah satu hal yang perlu digarisbawahi adalah kita dapat berinvestasi baik pada aset riil, aset keuangan, ataupun keduanya. Yang patut diingat adalah setiap jenis aset memiliki profil risiko dan keuntungan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama