El Salvador Mulai Menambang Bitcoin Menggunakan Gunung Berapi

El Salvador Mulai Menambang Bitcoin Menggunakan Gunung Berapi investasimu.com

Foto: Ilustrasi Bitcoin (Pixabay)

Investasimu.com. El Salvador mulai merealisasikan rencananya untuk menambang Bitcoin ($BTC) dengan menggunakan energi panas bumi (gethermal energy) yang berasal dari gunung berapi. Melalui Twitter, Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengunggah video yang menunjukkan proyek penambangan Bitcoin di negara tersebut.

  

Dalam video yang dibagikan pada tanggal 29 September 2021 dan telah ditonton sebanyak 2,1 juta kali tersebut, Nayib Bukele memberikan caption "First steps" dengan menambahkan emoji gunung berapi dan hashtag #Bitcoin. Video dengan durasi 25 detik tersebut menunjukkan suatu pabrik penambangan di tengah hutan dan pekerja yang sedang menyusun kabel-kabel komputer untuk menambang Bitcoin.

El Salvador sendiri menjadi negara pertama yang melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada tanggal 7 September lalu. El Salvador bahkan memiliki wallet tersendiri bernama Chivo dan memberikan reward bagi siapa pun yang mengunduh Chivo sebesar USD30 dalam bentuk Bitcoin.

Penambangan Bitcoin sendiri kerap dikritik oleh para pecinta lingkungan karena mengonsumsi energi dalam jumlah besar. Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak buruk pada lingkungan. Terkait permasalahan ini, pada bulan Juni Nayib Bukele mengatakan bahwa LaGeo, perusahaan listrik milik negara akan menggunakan energi yang murah, bersih, dapat diperbarui, dan bebas emisi yang berasal dari gunung berapi untuk menambang Bitcoin. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama