Akuisisi OVO dari Tokopedia dan Lippo, Grab Kuasai 90% Kepemilikan di OVO

Akuisisi OVO dari Tokopedia dan Lippo, Grab Kuasai 90% Kepemilikan di OVO investasimu.com

Foto: OVO 

Investasimu.com. Grab Holdings Inc. dikabarkan meningkatkan kepemilikannya di OVO dengan mengakuisisi saham yang dimiliki oleh PT Tokopedia dan Grup Lippo. Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, perusahaan ride-hailing asal Singapura ini meningkatkan kepemilikannya di PT Bumi Cakrawala Perkasa, induk usaha OVO yang semula sebesar 39% menjadi 90%.

“Kami senang menyelesaikan tahap pertama dalam upaya merestrukturisasi kepemilikan kami,” kata OVO dalam sebuah pernyataan. “Kami menyambut baik komitmen yang lebih besar dari Grab di Ovo. Kami sedang berkonsultasi secara intensif dengan regulator untuk menyelesaikan proses restrukturisasi kepemilikan, dan meyakini bahwa upaya ini akan memungkinkan kami untuk melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat Indonesia dengan lebih baik.” tambahnya.

Sementara itu, GoTo, perusahaan hasil merger antara Gojek dan Tokopedia menyatakan, "Transaksi ini telah direncanakan dalam beberapa waktu dan akan memungkinkan kami untuk terus fokus pada pendalaman lebih lanjut strategi pemimpin pasar GoPay dan ekosistem GoTo Financial yang lebih luas."

OVO sendiri merupakan provider dompet elektronik terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 38% di Indonesia berdasarkan Laporan Pembayaran Seluler 2021 oleh Boku Inc. Meskipun demikian, sebagian besar volume transaksi OVO berasal dari Tokopedia.

Berdasarkan sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Grab saat ini dikabarkan sedang dalam proses menjual sebagian saham OVO yang dimilikinya kepada investor Indonesia untuk mematuhi regulasi yang berlaku.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama