Diperdagangkan untuk Pertama Kalinya, Nilai Transaksi ETF Bitcoin Mendekati USD1 Miliar

Diperdagangkan untuk Pertama Kalinya, Nilai Transaksi ETF Bitcoin Mendekati USD1 Miliar investasimu.com

Foto: Ilustrasi Cryptocurrency (Pixabay) 

Investasimu.com. ETF berbasis Bitcoin Berjangka (ETF Bitcoin Futures) berhasil menjalani debut gemilang pada perdagangan perdananya di Bursa Efek New York. Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, nilai transaksi perdagangan ETF Bitcoin Futures hampir mendekati USD1 miliar yang menjadikannya sebagai ETF kedua yang paling banyak diperdagangkan di hari pertama peluncuran setelah BlackRock's Carbon Transition Readiness

Sebagaimana dikutip dari CoinDesk, ProShares yang menjadi sponsor mengungkapkan bahwa nilai aset ETF Bitcoin Futures berhasil melonjak menjadi USD570 juta di hari pertama perdagangan. ProShares Bitcoin Strategy Fund yang diluncurkan dengan ticker code BITO tersebut memiliki modal awal $20 juta di awal perdagangan. Pada sesi penutupan perdagangan pada hari Selasa (19/10), harga aset ETF ditutup menguat 4,9% dari USD40 menjadi USD41,94.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Bursa AS, SEC memberikan izin perdagangan ETF Kripto untuk pertama kalinya yang diajukan oleh ProShares pada Jumat (15/10) lalu. ETF yang diajukan oleh ProShares merupakan ETF yang mengacu pada kontrak berjangka Bitcoin, bukan pada harga Bitcoin secara langsung.

Keberhasilan perdagangan perdana ETF Bitcoin tidak hanya menunjukkan minat besar dari investor atas perdagangan aset kripto di Bursa, tetapi juga dianggap akan mendorong perusahaan lain untuk segera meluncurkan ETF berbasis aset kripto miliknya di Bursa.   

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama