Profil Emiten: PT Elnusa Tbk (IDX: ELSA)

Profil Emiten PT Elnusa Tbk (IDX ELSA) investasimu.com


Foto: Elnusa 

Investasimu.com. PT Elnusa Tbk (IDX: ELSA) didirikan dengan nama PT Elektronika Nusantara berdasarkan Akta Notaris No. 18 tanggal 25 Januari 1969 dari Tan Thong Kie, S.H., sebagaimana di ubah melalui Akta Notaris No. 10 tanggal 13 Februari 1969 dari notaris yang sama. Pada tahun 1984, nama Perseroan berubah menjadi PT Elnusa berdasarkan Akta Notaris No. 23 tanggal 8 Juni 1984 yang di buat di hadapan Sinta Susikto, Notaris, di Jakarta.

Entitas induk Perseroan adalah PT Pertamina (Persero) dan entitas induk terakhirnya adalah Pemerintah Republik Indonesia. Perseroan mengawali kiprahnya sebagai pendukung operasi PT Pertamina (Persero), terutama dalam memberikan pelayanan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, di bidang peralatan komunikasi elektronik, peralatan navigasi dan sistem radar yang digunakan oleh kapal-kapal milik Pertamina maupun kapal-kapal minyak asing yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Migas.

Perseroan kini tidak hanya melayani jasa migas, namun Perseroan juga melayani jasa energi dan siap menjadi kepercayaan dari klien nasional maupun internasional. Perseroan membuktikan kemampuannya untuk turut membangun kapasitas nasional sebagai perusahaan jasa energi yang melalui Total Solution di Usianya yang telah menginjak 51 tahun. 

Pembuktian tersebut ditunjukkan Perseroan dengan melayarkan Elsa Regent yang merupakan kapal seismik tercanggih di Indonesia untuk mendukung aktivitas eksplorasi Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di wilayah terbuka Indonesia, dan survei ini akan menjadi survei terbesar dalam satu dekade terakhir se-Asia Pasifik . Selain itu Perseroan untuk pertama kalinya berhasil mendukung penyelesaian pekerjaan decommissioning platform YYA Removal. Perseroan juga berhasil melakukan inovasi pengeboran menggunakan HWU EHR-12 yang difabrikasi secara mandiri sehingga mampu menjadi salah satu alternatif alat untuk melakukan pengeboran sumur baru menggunakan Hydraulic Workover Drilling (HWD).

Perseroan juga melebarkan sayapnya dengan menjadi operator distribusi BBM termasuk mendukung tercapainya BBM satu harga di wilayah Sulawesi, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia timur lainnya dan mengelola sebanyak 49 fuel terminal, 1.629 Mobil Tangki Kelola dan 5 Depo baru. Melakukan fabrikasi tiga alat secara mandiri yaitu Hydraulic Rig-14, Triple Pump serta Air Receiver Tank. 

Dalam mengantisipasi distrupsi, Perseroan berhasil melakukan pencapaian dengan membuat sistem business process yang dihasilkan secara mandiri, dan dari Laboratorium inovasi yang Agni, perseroan berhasil menghasilkan 15 inkubasi Agni dengan 2 business model valuation (BMV), 7 Product Valuation (PV) dan 6 Customer Validation (CV). Selain itu, Pencapaian pun ditunjukan melalui harga saham ELSA pada penutupan perdagangan 2020, ELSA telah rebound dari kondisi bearish (Level 126) Maret 2020. 

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Elnusa Tbk
KodeELSA
Alamat KantorGraha Elnusa, Jl. TB Simatupang Kav. 1B, Jakarta 12560, Indonesia
Alamat Emailcorporate@elnusa.co.id
Situswww.elnusa.co.id
Telepon(021) 788-30850
Faks(021) 788-30883
NPWP01.000.050.3-051.000
Tanggal IPO06 Feb 2008
Bidang Usaha UtamaJasa Energi
SektorEnergi
Sub SektorMinyak, Gas, dan Batu Bara
IndustriPendukung Minyak, Gas, dan Batu Bara
Sub IndustriJasa Pengeboran Minyak dan Gas


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama