Profil Emiten: PT Phapros Tbk. (IDX: PEHA)

Profil Emiten PT Phapros Tbk. (IDX PEHA) investasimu.com

Foto: Phapros       

Investasimu.com. PT Phapros Tbk (IDX: PEHA) adalah perusahaan farmasi yang merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk (IDX: KAEF). Sejarah Perseroan berawal dari pendirian NV Pharmaceutical Processing Industries yang disingkat NV Phapros pada tanggal 21 Juni 1954 dan merupakan bagian dari Oei Tiong Ham Concern (OTHC], konglomerat pertama Indonesia yang menguasai bisnis gula dan agroindustri. Pada tanggal 5 September 1995, perusahaan berubah menjadi PT Pharmaceutical Processing Industries (PT Phapros). 

Pada Maret 2019, terjadi transformasi organisasi pada Phapros, di mana saat itu PT RNI (Persero) menjual seluruh saham Phapros yang dimiliki sebesar 56,77% kepada PT Kimia Farma Tbk. 

Komitmen yang tinggi pada standar kualitas serta lingkungan dibuktikan oleh Perseroan dengan terus mengikuti perubahan standar mutu melalui implementasi dari Cara Pembuatan Obat yang Baik/CPOB terkini (Current Good Manufacturing Practices), Pembuatan Obat Tradisional yang Baik terkini (Current Herbal Good Manufacturing Practices), serta persyaratan penyaluran alat kesehatan dan Cara Pembuatan Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB), Persyaratan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) serta system Manajemen Mutu yang terintegrasi yang meliputi standar ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO/IEC 17025 dan Manajemen Risiko.

Saat ini, Perseroan telah memproduksi lebih dari 250 macam obat, sebagian besar diantaranya adalah hasil pengembangan sendiri (non-lisensi) yang diklasifikasi dalam kelompok produk etikal, generic, OTC, dan Agromed. Selain memproduksi obat yang diperdagangkan sendiri, Perseroan dipercaya industri farmasi lain untuk memproduksi obat melalui kerja sama kontrak pembuatan produk, baik untuk kebutuhan nasional maupun kebutuhan negara lain melalui kerja sama ekspor. Kerja sama yang dirintis sejak tahun 2013 hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 6 produk yang diizinkan untuk beredar di negara Kamboja, Myanmar, dan Peru. Selain itu, Perseroan juga mulai memperluas lingkup bisnisnya pada sektor non-obat berupa alat kesehatan non-elektromedik yang telah memperoleh izin pendistribusiannya dari Kementerian Kesehatan RI.  

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Phapros Tbk
KodePEHA
Alamat KantorMenara Rajawali, Lantai 17 Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot#5.1 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950, Indonesia
Alamat Emailcorporate@phapros.co.id
Situshttps://www.kimiafarma.co.id
Telepon021 5762709
Faks021 5763910
NPWP01.000.793.8-051.000
Tanggal IPO26 Des 2018
Bidang Usaha UtamaIndustri Farmasi
SektorKesehatan
Sub SektorFarmasi dan Riset Kesehatan
IndustriFarmasi
Sub IndustriFarmasi

Data Pemegang Saham (31 Desember 2020)


NoPemegang SahamPersentase
1PT Kimia Farma Tbk.56,77%
2Drs. Masrizal A Syarief9,05%
3Publik34,28%

Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama