Profil PT HM Sampoerna Tbk (IDX: HMSP)

Profil Emiten PT H.M. Sampoerna Tbk (IDX HMSP) investasimu.com

Foto: HM Sampoerna 

Investasimu.com. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (IDX: HMSP) didirikan di Indonesia pada tanggal 19 Oktober 1963 berdasarkan Akta Notaris Anwar Mahajudin, S.H., No. 69. Kegiatan produksi rokok secara komersial dimulai pada tahun 1913 di Surabaya sebagai industri rumah tangga. Pada tahun 1930, industri rumah tangga ini secara resmi dibentuk dengan nama NVBM Handel Maatschapij Sampoerna.

Berkantor pusat di Surabaya dengan kantor perwakilan di Jakarta, Perseroan memproduksi rokok di 6 (enam) fasilitas produksi yang dimiliki sendiri meliputi 2 (dua) fasilitas produksi Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Pasuruan (Jawa Timur) dan Karawang (Jawa Barat), 4 (empat) fasilitas produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT), 2 (dua) di Surabaya dan masing-masing 1 (satu) di Malang dan Probolinggo.

Selain fasilitas produksi yang dimiliki sendiri, Perseroan juga bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret (MPS) yang secara total mempekerjakan kurang lebih 41.500 orang untuk menghasilkan produk SKT Sampoerna. Perseroan menjual dan mendistribusikan rokok melalui 105 kantor penjualan dan pusat distribusi serta 25 Exclusive Zonified Distributors (EZD) pihak ketiga di seluruh Indonesia, dan juga 7 (tujuh) kantor perwakilan wilayah. 

Perseroan telah menjadi bagian penting dari industri tembakau Indonesia selama lebih dari seratus tahun sejak berdiri tahun 1913, dengan produk legendaris Dji Sam Soe atau dikenal dengan “Raja Kretek”. Sampoerna adalah pencetus kategori Sigaret Kretek Mesin Kadar Rendah (SKM LT) di Indonesia dengan memperkenalkan produk Sampoerna A pada tahun 1989. Produk Utama dalam Sampoerna A adalah merek terdepan di pasar rokok Indonesia. Sampoerna juga memproduksi sejumlah kelompok merek rokok kretek yang telah dikenal luas termasuk Marlboro Filter Black, Sampoerna U, Philip Morris Bold dan Sampoerna Kretek.

Perseroan adalah anak perusahaan dari PT Philip Morris Indonesia (“PMID”) dan afiliasi dari Philip Morris International Inc. (“PMI”), perusahaan rokok internasional terkemuka dengan merek global Marlboro. Ruang lingkup kegiatan Sampoerna meliputi, antara lain manufaktur, perdagangan dan distribusi rokok termasuk juga mendistribusikan Marlboro merek rokok internasional terkemuka yang diproduksi oleh PMID.   

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT HM Sampoerna Tbk
KodeHMSP
Alamat KantorOne Pacific, Sudirman Central Business Distric (SCBD) Lantai 18 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190, Indonesia
Alamat Emailmaharani.subandhi@sampoerna.com;sutardi.sutardi@sampoerna.com
Situswww.sampoerna.com
Telepon021-515-12-34
Faks021-515-22-34
NPWP01.108.205.4-092.000
Tanggal IPO15 Ags 1990
Bidang Usaha UtamaIndustri Rokok
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorRokok
IndustriRokok
Sub IndustriRokok


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama