Profil PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (IDX: GOOD)

Profil PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (IDX GOOD) investasimu.com


Foto: Garudafood Putra Putri Jaya 

Investasimu.com. Sejarah PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (IDX: GOOD) sebagai perusahaan makanan dan minuman telah dimulai sejak tahun 1979 oleh keluarga pendiri melalui PT Tudung Putrajaya (TPJ). Sebagai perusahaan dari Pati, Jawa Tengah, TPJ memasarkan produk kacang tanah dengan menggunakan merek Kacang Garing Garuda, yang kemudian di tahun 1994 lebih dikenal dengan nama Kacang Garuda. Pada mulanya, TPJ didirikan oleh Darmo Putro dengan nama PT Tudung, dan bergerak di dalam usaha sebagai produsen tepung tapioka.

Perseroan didirikan dengan nama PT Garuda Putra Putri Jaya Akta Pendirian No. 21 tanggal 24 Agustus 1994 yang dibuat di hadapan Doktoranda Selawati Halim, S.H., Notaris di Pati. Pada tahun 2001, Perseroan melakukan penggabungan usaha dengan PT Tudung Putra Jaya dan PT Garudafood Jaya, yang selanjutnya PT Garuda Putra Putri Jaya berubah nama menjadi PT Garudafood Putra Putri Jaya berdasarkan Akta Notaris Popie Savitri Martosuhardjo Pharmanto, S.H., No. 44 tanggal 28 Agustus 2001. Berdasarkan Akta Notaris Wiwik Condro, S.H., No. 62 tanggal 24 Juli 2017, PT Garudafood Beverage Jaya setuju untuk menggabungkan diri ke dalam Perseroan, dimana Perseroan sebagai penerus kegiatan usaha.

Saat ini Perseroan memproduksi dan menjual produk makanan dan minuman di bawah lima merek yaitu Garuda, Gery, Chocolatos, Clevo, dan Leo yang meliputi produk-produk biskuit, kacang, pilus (camilan goreng tradisional terbuat dari tepung beras atau tapioka), keripik, confectionery, minuman susu dan minuman cokelat dengan total 103 SKU per 31 Desember 2020. Perseroan saat ini juga telah melakukan penjualan ekspor ke lebih dari 20 negara, dengan fokus pada negara-negara ASEAN.

Per akhir tahun 2020, Perseroan memiliki 5 (lima) lokasi pabrik yang beralamat di Jl. Raya Pati Juwana Km. 2,3, Pati (Jawa Tengah), Jl. Kembang Joyo No. 100, Pati (Jawa Tengah), Jl. Raya Krikilan Km. 28, Driyorejo, Gresik (Jawa Timur), Jl. Ir. Sutami Km. 6 Desa Campang Raya, Bandar Lampung (Lampung) dan Kawasan Industri Rancaekek, Jl. Rancaekek Km. 24,5, Desa Mangunarga, Sumedang (Jawa Barat) dengan total kapasitas fasilitas produksi perseroan adalah sekitar 307.590 ton per tahun.

Di tahun 2020, Perseroan menyelesaikan pembelian 825 juta saham (setara dengan 55% dari seluruh saham) milik PT Mulia Boga Raya Tbk (IDX: KEJU), produsen keju dengan merek Prochiz dan Topchiz. Tujuan dari pengendalian ini adalah untuk mengembangkan dan memperluas jaringan usaha, serta memperkuat posisi bisnis Perseroan dalam industri makanan dan minuman kemasan.      

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk
KodeGOOD
Alamat KantorWisma Garudafood, Jl. Bintaro Raya No.10A, Jakarta 12240 Indonesia, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@garudafood.co.id
Situswwww.garudafood.com
Telepon0217290110
Faks0217290112
NPWP01.577.116.5-092.000
Tanggal IPO10 Okt 2018
Bidang Usaha UtamaIndustri makanan dan minuman dalam kemasan yang terintegrasi dengan kegiatan distribusi
SektorBarang Konsumen Primer
Sub SektorMakanan dan Minuman
IndustriMakanan Olahan
Sub IndustriMakanan Olahan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama