Adaro Energy (IDX: ADRO) Beli 3,7% Saham Cita Mineral Investindo (IDX: CITA)

Adaro Energy (IDX ADRO) Beli 3,7% Saham Cita Mineral Investindo (IDX CITA) investasimu.com

Foto: Cita Mineral Investindo 

Investasimu.com. PT Adaro Energy Tbk (IDX: ADRO) mengumumkan bahwa Perseroan melalui anak usahanya, PT Alam Tri Abadi (ATA) telah melakukan transaksi pembelian saham PT Cita Mineral Investindo Tbk (IDX: CITA) sebanyak 145.601.100 lembar saham yang merepresentasikan sekitar 3,7% saham CITA. Total dana yang dikeluarkan untuk pembelian saham tersebut mencapai Rp358,76 miliar.

Dalam informasi yang dirilis pada Kamis (16/12), Perseroan mengungkapkan bahwa investasi yang dilakukan di CITA dilakukan karena Perseroan berpendapat bahwa bisnis Metallurgical Grade Bauxite (MGB) dan Smelter Grade Alumina (SGA) merupakan bisnis yang menjanjikan dalam jangka panjang seiring dengan perbaikan perekonomian global dan peningkatan harga komoditas. Sebagai informasi, CITA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penambangan bauksit dan melalui entitas asosiasinya memiliki fasilitas pengolahan dan pemurnian SGA di Kalimantan Barat.

Tidak disebutkan pihak penjual yang melakukan penjualan 3,7% saham CITA kepada ATA. Berdasarkan laporan keuangan CITA per 30 November 2021, pemegang saham CITA terdiri dari PT Harita Jayaraya sebesar 62,10%, Glencore International Investment Ltd sebesar 30,21%, PT Suryaputra Inti Mulia sebesar 5,42% dan pihak lainnya sebesar 2,27%.

Perseroan sendiri menyatakan bahwa investasi keuangan pada instrumen saham CITA merupakan kegiatan investasi keuangan biasa yang biasa dilakukan dalam treasury management. Perseroan saat ini memiliki posisi keuangan dan tingkat likuiditas yang cukup baik, sehingga Perseroan memiliki fleksibilitas untuk melakukan investasi keuangan terukur pada instrumen yang memiliki tingkat profil risiko yang lebih tinggi. Investasi keuangan ini diharapkan dapat memberikan tingkat pengembalian yang lebih baik dibandingkan dengan investasi keuangan yang konservatif.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama