Profil PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (IDX: SMGR)

Profil PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (IDX SMGR) investasimu.com


Foto: Semen Indonesia (Persero) 

Investasimu.com. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (IDX: SMGR) pada awalnya didirikan dengan nama NV Pabrik Semen Gresik pada tanggal 25 Maret 1953 dengan Akta Notaris Raden Mr. Soewandi No. 41. Pada tanggal 17 April 1961, NV Pabrik Semen Gresik dijadikan Perusahaan Negara (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 132 Tahun 1961, kemudian berubah menjadi PT Semen Gresik (Persero) berdasarkan Akta Notaris J.N. Siregar, S.H. No. 81 tanggal 24 Oktober 1969.

Ruang lingkup kegiatan usaha Perseroan menurut Anggaran Dasar adalah menjalankan usaha dalam bidang industri semen, termasuk kegiatan produksi, menambang dan/atau menggali bahan yang diperlukan dalam industri semen atau industri lainnya, perdagangan, pemasaran dan distribusi terkait dengan industri semen serta pemberian jasa untuk industri semen dan/atau industri lainnya. Perseroan memulai kegiatan komersialnya pada tanggal 7 Agustus 1957.

Perseroan adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan posisi sebagai strategic holding company yang memayungi anak usaha dibidang produsen semen, non-semen, dan jasa di seluruh Indonesia. Lini bisnis semen Perseroan antara lain sebagai berikut.

SEMEN PADANG yang memiliki lima pabrik semen, kapasitas terpasang 8,5 juta ton semen per tahun, dan berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen Padang juga mempunyai pelabuhan di Teluk Bayur, dan Dumai, grinding plant di Dumai serta packing plant di Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok, Ciwandan, Malahayati, Lhokseumawe, Bengkulu, dan Lampung.

SEMEN GRESIK yang mengoperasikan lima pabrik dengan kapasitas terpasang 17,7 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban-Jawa Timur, dan Rembang-Jawa Tengah. Semen Gresik juga mempunyai dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik, serta mengoperasikan grinding plant di Gresik dan Cigading serta packing plant di Ciwandan, Banyuwangi, Sorong, Balikpapan, Pontianak, dan Banjarmasin.

SEMEN TONASA yang memiliki empat pabrik semen, kapasitas terpasang 7,4 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa juga mempunyai pelabuhan di Biringkassi serta packing plant di Biringkassi, Makassar, Mamuju, Sofifi, Palu, Bitung, Kendari, Samarinda, Ambon, dan Celukan Bawang Bali.

THANG LONG CEMENT yang memiliki satu pabrik terintegrasi yang berlokasi di Quang Ninh dan satu grinding plant di Ho Chi Minh dengan total kapasitas terpasang 2,3 juta ton semen per tahun. Thang Long Cement juga memiliki pelabuhan sendiri.

SOLUSI BANGUN INDONESIA (IDX: SMCB) yang memiliki enam pabrik semen, kapasitas terpasang 14,8 juta ton semen per tahun, berlokasi di Lhoknga-Aceh, Narogong-Jawa Barat, Cilacap-Jawa Tengah, dan Tuban, Jawa Timur. Memiliki dua pelabuhan di Tuban dan Lhoknga. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk memiliki Grinding Plant di Ciwandan dan Kuala Indah dan mengoperasikan packing plant di Lhokseumawe, Belawan, Dumai, Perawang, Batam, Palembang, Pontianak dan Lampung.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Semen Indonesia (Persero) Tbk
KodeSMGR
Alamat KantorSouth Quarter Tower A, LT. 19-20 Jl. RA Kartini, Kav. 8, Jakarta Selatan 12430, Indonesia
Alamat Emailcorporate.secretary@sig.id; investor.relations@sig.id
Situswww.sig.id
Telepon(021) 5261174; (021) 5261175
Faks(021) 5261176
NPWP01.001.631.9-051.000
Tanggal IPO8 Jul 1991
Bidang Usaha UtamaProdusen Semen
SektorBarang Baku
Sub SektorBarang Baku
IndustriMaterial Konstruksi
Sub IndustriMaterial Konstruksi


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama