Profil PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO)

Profil PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX GOTO) invstasimu.com


Foto: GoTo Gojek Tokopedia 

Investasimu.com. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) didirikan dengan nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa berdasarkan Akta Pendirian No. 133 tanggal 10 Desember 2015, yang dibuat di hadapan Jimmy Tanal, S.H., M.Kn, sebagai pengganti dari Hasbullah Abdul Rasyid, S.H., M.Kn., Notaris di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Berdasarkan Akta Pendirian, maksud dan tujuan Perseroan pada waktu pertama kali didirikan adalah berusaha dalam bidang penerbitan perangkat lunak (software). Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, Perseroan melaksanakan kegiatan usaha sehubungan dengan pengembangan aplikasi komputer, telepon genggam dan smartphone. Pada tahun 2021, Perseroan melakukan perubahan nama menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Perubahan Anggaran Dasar Perubahan Nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa Menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia No. 44 tanggal 9 November 2021, dibuat di hadapan Jose Dima Satria, S.H., M.Kn., Notaris di Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, maksud dan tujuan Perseroan adalah terlibat dalam bisnis pembuatan perangkat lunak dan transaksi komersial melalui sarana elektronik. Dengan demikian, ruang lingkup kegiatan Perseroan meliputi pembuatan aplikasi untuk komputer/telepon genggam/smartphone dan platform marketplace untuk perdagangan barang dan jasa. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada Maret 2016. 

Kegiatan usaha utama Perseroan yang telah berjalan saat ini adalah perusahaan induk dan penyedia platform digital yang mengintegrasikan on-demand services, e-commerce dan produk digital serta financial technology services, secara langsung maupun tidak langsung melalui 70 Perusahaan Anak dan 24 Perusahaan Asosiasi, yang berdomisili di Indonesia dan di luar Indonesia, dimana Perseroan memiliki penyertaan saham secara langsung maupun tidak langsung.

Perseroan melayani pelanggan melalui ekosistem yang komprehensif terdiri dari on-demand services, e-commerce dan financial technology services (jasa teknologi keuangan). Produk dan jasa Perseroan ditawarkan melalui platform Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial di Indonesia dan juga telah berekspansi ke Singapura dan Vietnam, dan memiliki aspirasi untuk memperluas ekosistem Perseroan ke negara-negara lain di kawasan tersebut.

Ekosistem Perseroan menyajikan layanan yang beragam dan saling melengkapi kepada pelanggan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui tiga platform, yaitu Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, yang bersama-sama menyediakan aktivitas penggunaan berikut kepada pelanggan:

On-Demand Services 

Layanan on-demand Perusahaan disediakan melalui aplikasi Gojek yang terdiri dari layanan mobilitas, pesan antar makanan dan logistik. Layanan ini menghubungkan konsumen dan pedagang dengan mitra pengemudi dalam berbagai aktivitas penggunaan. Perseroan memberikan konsumen berbagai pilihan transportasi termasuk sepeda motor, mobil pribadi dan taksi. Selain mengangkut konsumen, mitra pengemudi juga dapat melakukan pengiriman barang dan on-demand services seperti makanan dan minuman, barang kebutuhan sehari-hari, paket kesehatan serta kebutuhan penting lainnya. 

E-Commerce 

Layanan e-commerce Perseroan dilakukan melalui Tokopedia yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, situs mobile dan situs desktop. Perseroan menghubungkan konsumen dengan pedagang, termasuk pengusaha lokal, toko kelontong dan swalayan, UMKM, serta brand global dan peritel besar. Perseroan menyediakan pilihan produk fisik dan digital yang terluas pada kategori layanan yang beragam termasuk fesyen, kecantikan, FMCG, kebutuhan ibu dan anak, perlengkapan rumah, barang elektronik, pembayaran tagihan listrik, voucher elektronik dan lainnya. 

Financial Technology Services 

Layanan teknologi keuangan yang diberikan oleh Perseroan terbagi ke dalam tiga segmen yaitu (1) Pembayaran melalui Gopay, Midtrans, dan Iris; (2) Layanan Keuangan melalui Gopay Later, GoModal (Merchant Lending), GoSure (Asuransi), dan GoInvestasi (Investasi); dan (3) Solusi Teknologi untuk Pedagang melalui Gobiz, MokaPos, dan GoStore. Perseroan juga memiliki penyertaan saham di Bank Jago Tbk (IDX: ARTO).         

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT GoTo Gojek Tokopedia Tbk
KodeGOTO
Alamat KantorGedung Pasaraya Blok M, lantai 6-7, Jl. Iskandarsyah II No. 2, Jakarta 12160, Indonesia
Alamat Emailcorpsecretary@gotocompany.com dan ir@gotocompany.com
Situswww.gotocompany.com
Telepon(021) 2910 1072
Faks(021) 2709 7877
NPWP74.570.436.1-064.000
Tanggal IPO11 Apr 2022
Bidang Usaha UtamaPerusahaan induk dan penyedia platform digital yang mengintegrasikan on-demand services, e-commerce dan produk digital, serta financial technology services, secara langsung maupun tidak langsung melalui entitas-entitas di dalam Perusahaan
SektorTeknologi
Sub SektorPerangkat Lunak dan Jasa TI
IndustriAplikasi dan Jasa Internet
Sub IndustriAplikasi dan Jasa Internet


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus









Post a Comment

Lebih baru Lebih lama