Profil PT Surya Toto Indonesia Tbk (IDX: TOTO)

Profil PT Surya Toto Indonesia Tbk (IDX TOTO) investasimu.com


Foto: Surya Toto Indonesia 

Investasimu.com. PT Surya Toto Indonesia Tbk (IDX: TOTO) didirikan pada tanggal 11 Juli 1977 dalam kerangka Undang-undang Penanaman Modal Asing No. 1, tahun 1967 berdasarkan akta yang dibuat di hadapan notaris Kartini Mulyadi, S.H., No. 88, tahun 1977. Tonggak sejarah Perseroan diawali saat menjalin usaha bersama (joint venture) dengan TOTO Ltd Jepang pada Juli 1977 yang diikuti perubahan dari CV Surya kemudian menjadi PT Surya Toto Indonesia. 

Sesuai dengan anggaran dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan meliputi kegiatan untuk memproduksi dan menjual produk saniter, fitting dan peralatan sistem dapur serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan produk tersebut. Perseroan memulai operasi komersial sejak Februari 1979.

Pabrik produk saniter pertama Perseroan mulai beroperasi pada tahun 1978Di tahun 1980, Perseroan mulai mengekspor hasil produk saniternya ke mancanegara. Seiring berkembangnya Perseroan dan guna menunjang usaha produk saniter ini, pada tahun 1985 dibangunlah pabrik fitting (produkproduk saniter, seperti kran air, shower, dan lain sebagainya). Pabrik ini juga terus dikembangkan dengan berbagai fasilitas penyempurnaan, termasuk mesin pengecor kuningan dan mesin injeksi plastik

Di tahun 2006, Perseroan melakukan penggabungan usaha (merger) dengan anak Perseroan, PT Surya Pertiwi Paramita, yang sekaligus merupakan langkah strategis guna memperluas pasarnya ke segmen peralatan sistem dapur dan produk rumah tangga terkait lainnya. Pada tahun 2015, Perseroan meningkatkan bangunan Pabrik Fitting di Serpong, Tangerang untuk kegiatan produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi sebelum dikirim ke konsumen. Di tahun yang sama, ekspansi line produksi pabrik sistem peralatan dapur (System Kitchen) yang baru di Pasar Kemis, Tangerang juga sudah selesai dilaksanakan. Pabrik ini sudah mulai berproduksi pada bulan Maret tahun 2016.

Perseroan juga melakukan kerja sama dengan PT Surya Pertiwi Tbk (IDX: SPTO) selaku Agen Tunggal Perseroan membentuk Perseroan asosiasi, yakni PT Surya Pertiwi Nusantara (SPN) dan PT Surya Graha Pertiwi (SGP). SPN merupakan Perseroan manufaktur yang memproduksi barang saniter dan berlokasi di Jalan Raya Desa Krikilan Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. Sementara itu, SGP yang di bidang usaha pembangunan dan pengelolaan gedung perkantoran telah berhasil menyelesaikan pembangunan gedung kantor pusat Perseroan. Sejak November 2018, Perseroan telah menempati gedung baru tersebut yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman Kav. 81, Jakarta Barat (11420). Gedung ini pun dilengkapi dengan Showroom yang terdiri dari lima lantai dan telah diresmikan pembukaannya pada tanggal 17 Oktober 2018. 

Perseroan didirikan dengan tujuan untuk memproduksi dan menjual produk saniter, fitting, peralatan sistem dapur serta kegiatan lain yang berkaitan dengannya. Produk-produk Perseroan antara lain Saniter (kloset, wastafel, urinal, bidet dan sebagainya); Fitting (kran, shower, dan sebagainya); Kitchen System (peralatan sistem dapur, lemari pakaian, kabinet vanity dan sebagainya); dan Aksesoris (tempat tissue, tempat sabun, gantungan handuk dan sebagainya)              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Surya Toto Indonesia Tbk
KodeTOTO
Alamat KantorGedung TOTO - Wisma 81 Jl. Letjen S. Parman Kav. 81 Kota Bambu Selatan - Pal Merah Jakarta 11420, Indonesia
Alamat Emailtoto.indonesia@toto.co.id
Situsinvestor.toto.co.id
Telepon021-29298686
Faks021-5682282, 021- 5601296
NPWP01.000.239.2-054.000
Tanggal IPO30 Okt 1990
Bidang Usaha UtamaBasic Industry and Chemicals - Cement
SektorPerindustrian
Sub SektorBarang Perindustrian
IndustriProduk & Perlengkapan Bangunan
Sub IndustriProduk & Perlengkapan Bangunan


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama