Profil PT Tira Austenite Tbk (IDX: TIRA)

Profil PT Tira Austenite Tbk (IDX TIRA) investasimu.com


Foto: Tira Austenite 

Investasimu.com. PT Tira Austenite Tbk (IDX: TIRA) didirikan pada tanggal 8 April 1974 berdasarkan Akta Notaris No. 29 dibuat dihadapan J.N. Siregar, S.H., Notaris di Jakarta. Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan meliputi perdagangan besar atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, mesin kantor dan industri, suku cadang dan perlengkapannya, barang logam untuk bahan konstruksi, logam dan bijih logam, bahan bakar padat, cair dan gas, barang kimia dasar, barang bekas dan sisa-sisa tak terpakai (scrap), dan lain-lain. Perseroan mulai beroperasi secara komersial sejak tahun 1974.

Sejarah berdirinya Perseroan berawal di tahun 1971 oleh Bapak Johnny Santoso yang pada saat itu baru saja memperoleh gelar Diploma Ing nya di Jerman Barat. Dengan berbekal ilmu di bidang teknik yang diperolehnya, beliau kembali ke Indonesia dan mulai memasarkan beberapa barang teknik yaitu mesin las dan kawat las dengan merek Messer Griesheim. Di awal usahanya ini Bapak Johnny Santoso telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh keluarga Widjaja di mana Bapak Drs. Johnny Widjaja salah satu pemilik perusahaan tersebut. Dalam kerja sama ini Bapak Johnny Santoso diberi kepercayaan untuk memimpin Divisi Teknik PT Tigaraksa yang memasarkan produk-produk teknik dari Eropa khususnya kawat las dan mesin las. 

Pada awal pendiriannya, Perseroan menjadi salah satu anak perusahaan dari PT Tigaraksa dengan kepemilikan 50% saham sedangkan kepemilikan saham yang 50% lainnya dimiliki oleh Bapak Johnny Santoso. Aktivitas bisnis Perseroan yang utama pada saat itu adalah sebagai distributor, perwakilan serta agen tunggal berlisensi untuk produk-produk teknik permesinan berkualitas tinggi dari Eropa, yang beroperasi dengan beberapa cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Pada tahun 1979 untuk mengembangkan usahanya Perseroan mendirikan anak perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yaitu PT Alpha Austenite. 

Pada tanggal 26 April 1996, Perseroan melakukan diversifikasi usahanya dengan masuk ke bisnis gas industri. Sebagai kelanjutan dari perluasan bisnis di bidang gas industri, maka pada tanggal 4 April 1997 Perseroan mendirikan anak perusahaan baru yang bergerak di bidang distribusi gas-gas industri dan medis dalam tabung yaitu PT Mitra Guna Gas yang pada saat itu bertindak sebagai distributor ekslusif dari PT Aneka Gas Industri. Pada tahun 2003 Perseroan memutuskan untuk menjadikan bisnis gas industri sebagai salah satu unit bisnis strategis. Aktivitas PT Mitra Guna Gas diakuisisi oleh PT Multi Guna Gas dan pada akhirnya menjadi Divisi Gas Industri Perseroan yang menjalin aliansi dengan PT Air Product Indonesia dan PT Linde Indonesia (sebelumnya PT BOC Gases Indonesia). 

Saat ini, Perseroan memiliki empat pilar usaha yaitu: 

Divisi Baja Khusus

Divisi ini merupakan unit bisnis yang memfokuskan diri dalam menjual produk-produk teknik yang diimpor dari luar negeri seperti berbagai jenis baja khusus, kawat las dan mesin las. Operasional dari unit bisnis dilakukan melalui 13 cabang yang berada di kota – kota besar di Indonesia.

Divisi Gas Industri dan Jasa

Divisi ini bergerak di bidang pemasaran dan penjualan gas industri, gas medis, dan gas untuk keperluan khusus serta jasa terkait bidang gas industri dengan cakupan wilayah seluruh Indonesia. Fokus pemasaran saat ini masih terpusat di pulau Jawa dan Sulawesi dengan dukungan dari 7 fasilitas pengisian gas industri dan medis serta 2 fasilitas laboratorium untuk memproduksi serta menganalisa gas-gas industri untuk keperluan khusus di Jawa dan Sulawesi.

Divisi Manufaktur

Divisi ini terdiri dari PT Alpha Austenite yang memproduksi berbagai macam produk Bronze, yang dijual dengan merk Alphabronze dan kawat las (Maintenance electrodes), PT Tanah Sumber Makmur yang memproduksi precission tool untuk electronic, dan PT Tira Stahlindo Indonesia yang memproduksi berbagai macam produk non ferrous.

Divisi Pengembangan Bisnis

Aktivitas utama dari divisi ini adalah menangani proyek-proyek khusus di beberapa sektor industri antara lain di industri pertambangan dan industri minyak dan gas, dan mengembangkan produkproduk baru baik yang dikembangkan internal maupun yang didukung oleh principals baru.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Tira Austenite Tbk
KodeTIRA
Alamat KantorKawasan Industri Pulo Gadung Jl. Pulo Ayang Kav. R.1, Jakarta 13930, Indonesia
Alamat Emailheadoffice@tiraaustinite.com
Situswww.tiraaustenite.com
Telepon(021) 460 2594
Faks(021) 460 2593
NPWP01.300.575.6-054.000
Tanggal IPO27 Jul 1993
Bidang Usaha UtamaJasa Perdagangan
SektorPerindustrian
Sub SektorJasa Perindustrian
IndustriPerdagangan Aneka Barang Perindustrian
Sub IndustriPerdagangan Aneka Barang Perindustrian


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama