Profil PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL)

Profil PT Multipolar Tbk (IDX MLPL) investasimu.com


Foto: Multipolar 

Investasimu.com. PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) didirikan pada tanggal 4 Desember 1975 berdasarkan akta notaris Adlan Yulizar, S.H., No. 7, yang telah beberapa kali mengalami perubahan, terakhir dengan akta notaris Misahardi Wilamarta, S.H., No. 119 tanggal 25 Maret 1982. Perseroan terutama bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi, industri informatika, perdagangan umum termasuk perdagangan impor, ekspor, interinsulair, lokal dan retail (eceran), jasa pengembangan dan pengelolaan properti/real estate, menyewakan ruang-ruang dalam bangunan dan investasi. Perseroan mulai beroperasi komersial pada tanggal 4 Desember 1975.

Pada awalnya Perseroan mulai beroperasi sebagai perusahaan ritel elektronik. Kemudian, Perseroan berkembang menjadi perusahaan holding untuk investasi strategis di bidang Ritel, Telekomunikasi, Multimedia dan Teknologi (TMT), serta Bisnis Lain dan Investasi. Sejak 2019, Perseroan memosisikan diri sebagai perusahaan investasi untuk mengoptimalkan kepentingan bisnis, meningkatkan nilai dan memanfaatkan peluang pasar.

Segmen Ritel

Pada segmen Ritel, Perseroan berinvestasi pada PT Matahari Putra Prima Tbk (IDX: MPPA) dan PT Matahari Department Store Tbk (IDX: LPPF) yang hingga kini merupakan pemimpin pasar terutama di kategori konsumen kelas menengah.

MPPA mengoperasikan berbagai gerai multiformat, yaitu jaringan ritel hipermarket Hypermart, gerai grosir SmartClub, supermarket Foodmart yang terdiri dari Foodmart Primo untuk segmen premium dan Foodmart Fresh untuk produk segar berkualitas, Boston Health and Beauty untuk produk perawatan dan kesehatan pribadi, convenience store FMX, dan e-commerce melalui aktivitas online-to-offline (O2O). Di tahun 2019, MPPA meluncurkan format gerai terbaru - Hyfresh, sebuah format supermarket berbasis komunitas dengan fokus yang lebih luas pada produk segar dan grocery dengan harga yang menarik bagi komunitas rumah tangga kelas menengah untuk berbelanja kebutuhan harian. Smntara itu, LPPF merupakan pionir konsep department store modern di Indonesia dan tetap menjadi pilihan utama untuk produk-produk fashion, kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga terjangkau.

Pada segmen Ritel, PT Gratia Prima Indonesia (GPI), mengoperasikan jaringan toko buku Books and Beyond (B&B), yang menawarkan berbagai koleksi buku, mainan, serta alat tulis impor dan lokal dalam konsep gerai yang modern. PT Matahari Graha Fantasi (MGF) mengelola jaringan pusat hiburan keluarga Timezone yang menawarkan pengalaman bermain game arcade.

Segmen Telekomunikasi, Multimedia, dan Teknologi

PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT) mewakili investasi Perseroan dalam bidang Teknologi Informasi (TI). MLPT telah berkembang menjadi salah satu integrator sistem terkemuka di negeri ini dengan menawarkan layanan dan solusi TI yang komprehensif. Perseroan juga memiliki saham di PT First Media Tbk (FM) yang mengoperasikan sejumlah anak perusahaan yang berkaitan dengan telekomunikasi dan infrastruktur, termasuk TV berbayar yang dilengkapi dengan kemampuan siaran dan produksi.

Segmen Bisnis dan Investasi Lainnya

Bisnis Lain dan Investasi Perseroan mencakup, antara lain, manajemen arsip, pengembangan properti, dan bisnis digital. Dalam manajemen arsip, PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (IDX: MFMI) menawarkan pengelolaan arsip secara sistematis, data komputer, dokumen berharga, dan dokumen elektronik.

Di bidang manajemen properti, PT Nadya Putra Investama (NPI) dan PT Matahari Pacific (MP) mengelola pusat perbelanjaan, perkantoran, dan apartemen. Investasi Perseroan dalam bisnis digital, PT Brilliant Ecommerce Berjaya (Mbiz), mengoperasikan platform berbasis web yang menyediakan solusi total procurement yang terintegrasi secara penuh dengan B2B e-commerce marketplace dan solusi e-procurement.

Perseroan juga berinvestasi pada PT Multi Prima Sejahtera Tbk (IDX: LPIN), sebuah perusahaan yang terutama bergerak dalam bidang manufaktur busi dan suku cadang kendaraan bermotor dengan merek dagang “Champion” dan lisensi dari Federal-Mogul Ignition LLC, Amerika Serikat.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Multipolar Tbk
KodeMLPL
Alamat KantorMenara Matahari Lantai 20, Jl. Bulevar Palem Raya No. 7, Lippo Karawaci 1200, Tangerang 15811, Indonesia
Alamat Emailnatalie.lie@mpc.id
Situswww.mpc.id
Telepon021 - 5468888
Faks021 - 5475147
NPWP01.305.963.9-054.000
Tanggal IPO6 Nov 1989
Bidang Usaha UtamaComputer and Services
SektorPerindustrian
Sub SektorPerusahaan Holding Multi Sektor
IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor
Sub IndustriPerusahaan Holding Multi-sektor


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama