Profil PT Ciputra Development Tbk (IDX: CTRA)

Profil PT Ciputra Development Tbk (IDX CTRA)


Foto: Ciputra Development 

Investasimu.com. PT Ciputra Development Tbk (IDX: CTRA) didirikan dengan nama PT Citra Habitat Indonesia oleh Dr. (HC) Ir. Ciputra berdasarkan akta notaris Hobropoerwanto, S.H. No. 22 tanggal 22 Oktober 1981. Tahun 1990 menandai era pertumbuhan Perseroan dengan adanya perubahan nama menjadi PT Ciputra Development serta dilakukannya beragam ekspansi bisnis melalui anak-anak perusahaan.

Pada bulan Oktober 2016, Perseroan bersama-sama dengan PT Ciputra Surya Tbk (“CTRS“) dan PT Ciputra Property Tbk (“CTRP”), keduanya entitas anak, menyampaikan surat ke Otoritas Jasa Keuangan (“OJK“) sehubungan dengan rencana penggabungan usaha CTRS dan/atau CTRP (Perusahaan yang Bergabung) ke dalam Perseroan, dimana Perseroan menjadi Perusahaan Hasil Penggabungan (“Surviving Company”). Pada tanggal 12 Januari 2017, PerseroanCTRS dan CTRP telah menandatangani Akta Penggabungan, yang diaktakan dalam akta notaris Buntario Tigris Darmawa Ng, S.H., S.E., M.H., No. 29 tanggal 12 Januari 2017.

Sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar, ruang lingkup kegiatan Perseroan sesuai KBLI adalah aktivitas perusahaan holding, real estat yang dimiliki sendiri atau disewa, kawasan pariwisata, kawasan industri, real estat atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, aktivitas kantor pusat, aktivitas konsultasi manajemen lainnya, sewa guna usaha tanpa hak opsi aset non finansial, lapangan golf dan sport centre. Perseroan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1984.

Dalam menjalankan usahanya, Perseroan terkenal memiliki keunggulan tersendiri dalam semua proyek-proyek, baik residensial maupun properti komersial karena selalu berinovasi melalui konsep unik dan modern di seluruh arsitektur bangunan yang dikembangkannya. Perseroan telah bertransformasi menjadi pengembang properti terintegrasi yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga jual yang kompetitif. Perseroan juga memperoleh benefit skala ekonomis sehingga memungkinkan adanya efisiensi biaya dari kontrak-kontrak pembangunan. 

Hingga saat ini Perseroan telah mengembangkan lebih dari 79 proyek yang meliputi perumahan, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit dan lapangan golf yang tersebar di 34 kota di seluruh Indonesia. Dengan sejumlah portofolio proyek dan lahan besar yang dimiliki, Perseroan telah berhasil menjadi perusahaan properti terkemuka di Indonesia.

Kegiatan usaha Perseroan terbagi dalam 2 segmen, yaitu pengembangan proyek residensial, khususnya yang berskala kota (township residential) serta pengembangan dan pengelolaan properti komersial. Adapun produk residensial Perseroan secara umum terdiri dari kavling tanah, rumah hunian, ruko, apartemen dan perkantoran strata title, sedangkan pengembangan dan pengelolaan properti komersial meliputi penyewaan pusat niaga atau mal, hotel, apartemen, perkantoran, rumah sakit, lapangan golf dan water park.

Dari segi pendapatan, Perseroan membukukan pendapatan atas penjualan real estat dan pendapatan usaha berulang (recurring income) atas usaha sewa (mal, hotel, perkantoran) dan lain sebagainya.              

Identitas Umum Perusahaan

NamaPT Ciputra Development Tbk
KodeCTRA
Alamat KantorCiputra World 1 DBS Bank Tower Lantai 39 Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940, Indonesia
Alamat Emailinvestor@ciputra.com
Situswww.ciputradevelopment.com
Telepon(021) 2988-5858, 2988-6868, 2988-7878
Faks(021) 2988-8585
NPWP01.374.211.9-054.000
Tanggal IPO28 Mar 1994
Bidang Usaha UtamaPembangunan, investasi, perdagangan, industri dan jasa
SektorProperti & Real Estat
Sub SektorProperti & Real Estat
IndustriPengelola & Pengembang Real Estat
Sub IndustriPengembang & Operator Real Estat


Data Fundamental Perusahaan



Ikhtisar Pergerakan Harga Saham

Konsensus



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama